Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polisi Laos Gagalkan Penyelundupan Narkotika Terbesar dalam Sejarah Asia di Wilayah Segitiga Emas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 28 Oktober 2021, 15:39 WIB
Polisi Laos Gagalkan Penyelundupan Narkotika Terbesar dalam Sejarah Asia di Wilayah Segitiga Emas
Truk yang membawa botol bir kosong berisi obat-obatan terlarang/Net
rmol news logo Penyelundupan lebih dari 55 juta tablet amfetamin dan lebih dari 1,5 ton kristal metamfetamin berhasil digagalkan polisi Laos di wilayah Segitiga Emas pada Rabu (27/10) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dua sumber keamanan di Thailand mengkonfirmasi hal itu pada Kamis (28/10), dalam apa yang dikatakan PBB sebagai penggerebekan narkoba terbesar di Asia.

Penyelundupan jutaan barang haram itu berhasil digagalkan saat polisi Laos pada Rabu menghentikan sebuah truk yang membawa peti bir di Bokeo utara, yang berbatasan dengan Thailand dan Myanmar, kata dua sumber kepada Reuters.

Jeremy Douglas, perwakilan regional Asia Tenggara untuk Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) mengatakan penemuan itu sebagai yang terbesar di Asia.

"Sejauh ini merupakan penyitaan terbesar dalam sejarah Asia Timur dan Tenggara," katanya.

Penggerebekan pada hari Rabu menyusul penyitaan 16 juta tablet amfetamin dalam dua penggerebekan terpisah di area yang sama selama periode satu minggu oleh polisi Laos.

Segitiga Emas - wilayah timur laut Myanmar yang bertemu dengan bagian Thailand dan Laos - memiliki sejarah panjang sebagai daerah penghasil obat utama.

Ini telah berfungsi sebagai pusat produksi besar-besaran untuk stimulan jenis amfetamin, terutama metamfetamin, yang digunakan oleh sindikat kejahatan Asia dengan jaringan distribusi sampai ke Jepang dan Selandia Baru. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA