Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Putin Sambut Niat Biden untuk Menjalin Hubungan Baik dengan Rusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 01 November 2021, 14:05 WIB
Putin Sambut Niat Biden untuk Menjalin Hubungan Baik dengan Rusia
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov/Net
RMOl. Rusia dan Amerika Serikat sepakat untuk memperbaiki hubungan dengan saling melakukan kontak lebih lanjut.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengumumkan hasil pertemuannya dengan Presiden AS Joe Biden yang ia sebut sebagai "Pertemuan yang bermanfaat".

Lavrov bertemu dengan Biden di sela-sela KTT G20 di Roma yang berlangsung pada 30 - 31 Oktober 2021, waktu Italia.

Lavrov bercerita bahwa pertemuan itu cukup singkat tetapi sangat berguna bagi kelanjutan hubungan kedua negara yang sempat menegang dalam beberapa tahun terakhir.

“Saya melakukan percakapan singkat namun bermanfaat dengan Presiden Biden, yang menyampaikan salam terbaik kepada Presiden (Rusia) Vladimir Putin, dan menekankan komitmennya untuk kontak lebih lanjut," ujar Lavrov, seperti dikutip dari TASS, Senin (1/11).

Dalam pertemuan itu, Lavrov dan Biden membahas bagaimana merancang kontak antar kedua negara agar bisa terus berlanjut dengan baik di masa mendatang.

Hasil pertemuan itu telah disampaikan kepada Putin. Ia sendiri akan segera berunding dengan jajaran terkait untuk menyusun agenda selanjutnya terkait kontak kedua negara.

Beberapa waktu lalu, Biden mendukung pernyataan Putin bahwa bahwa hubungan antara AS dan Rusia saat ini sedang ada di titik terendah. Pernyataan Biden itu keluar pada konferensi pers pasca KTT G7di Cornwall, Inggris, Juni lalu.

Hubungan kedua negara kurang harmonis didorong oleh sejumlah masalah seperti dugaan campur tangan pemilu, serangan siber, kasus HAM, hingga konflik di Ukraina.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA