Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perdana Menteri Babis Mundur, Zeman Siapkan Pengganti dan Bentuk Pemerintahan Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 06 November 2021, 13:59 WIB
Perdana Menteri Babis Mundur, Zeman Siapkan Pengganti dan Bentuk Pemerintahan Baru
Perdana Menteri Andrej Babis/Net
rmol news logo Hanya menunggu hitungan jam bagi Republik Ceko untuk kehilangan sosok Andrej Babis dari jajaran pemerintahan.

Presiden Milos Zeman telah memberikan sinyal bahwa ia akan menerima pengunduran diri sahabat kentalnya itu dari kursi Perdana Menteri dan bersiap menunjuk penggantinya.

Zeman yang sedang sakit, bersiap mengakhiri ketidakpastian politik di negaranya itu menyusul kekalahan Babis dalam pemilihan umum. Dalam komentar pertamanya setelah ia dilarikan ke rumah sakit, Zeman mengatakan akan segera memerintahkan dibentuknya pemerintahan baru.

Ia mengaku telah berbicara dengan Babia melalui telepon dan setuju bahwa dia akan mengumumkan pengunduran diri Babis setelah parlemen yang baru terpilih.

“Pemerintahan (Babis) bisa mengundurkan diri setelah rapat majelis konstituante,” kata Zeman seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (5/11).

Namun, menurut Zeman tidak akan ada masalah dalam pembentukan pemerintahan baru walaupun tanpa harus menunggu rapat mejelis, karena Babis sendiri sudah tidak tertarik menjadi perdana menteri lagi.

"Alasannya cukup sederhana, tidak ada yang mau berurusan dengannya,” ujar Zeman mengutip kalimat Babis.

Babis, yang pernah mengatakan bahwa dia tidak akan menerima undangan apa pun untuk membentuk pemerintahan baru mengatakan dia akan mengumumkan pengunduran dirinya secara tertulis.

“Kami sedang menunggu majelis deputi (majelis rendah parlemen) untuk membentuk otoritas. Jika ya, saya akan segera memanggil pemerintah dan mengajukan pengunduran diri,” kata Babis.

Perdana menteri seharusnya mengajukan pengunduran diri mereka secara langsung di bawah konstitusi Ceko. Sayangnya, pembatasan Covid membuat Babis tidak bisa mengunjungi Zeman di bawah aturan ketat rumah sakit.

Petr Fiala, pemimpin kelompok kanan-tengah Spolu (Bersama) telah diberitahu bahwa dia akan ditunjuk untuk menggantikan Babis. Profesor ilmu politik berusia 57 tahun itu akan diundang untuk membentuk otoritas pusat ketika dia berbicara dengan Zeman, hari ini, Sabtu (6/11).

“Saya menyambut baik pengumuman Presiden Zeman bahwa dia berada dalam posisi untuk mencalonkan saya sebagai perdana menteri dan mengambil seluruh langkah konstitusional yang penting untuk membentuk eksekutif baru,” kata Fiala dalam akun Twitternya.

Ceko mengalami kekacauan politik ketika Zeman, 77, dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans dari tempat pada 10 Oktober lalu. Itu bersamaan dengan kekalahan Babis dalam pemilihan umum. Zeman yang harus dirawat cukup lama di rumah sakit membuatnya tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai presiden, ditambah dengan kekalahan Babis, maka pembentukkan pemerintahan baru tidak segera bisa dilakukan.

Zeman memiliki penyakit hati yang akut. Dia sebelumnya adalah perokok berat dan memiliki masalah pencernaan. Dengan penyakitnya ini kemungkinan Zeman akan mundur dari kursi kepresidenan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA