Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Kirim PNS Tughril, Kapal Perang Terbesar dan Tercanggih ke Pakistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 09 November 2021, 07:56 WIB
China Kirim PNS Tughril, Kapal Perang Terbesar dan Tercanggih ke Pakistan
Fregat Type 054A/P/Net
rmol news logo Pasukan Angkatan Laut Pakistan kembali mendapat suntikan kekuatan dari Pemerintah China dengan kiriman sebuah kapal perang terbesar dan tercanggih yang pernah diekspor Beijing pada Senin (8/11) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Fregat Type 054A/P bernama PNS Tughril tersebut dirancang dan dibangun oleh China State Shipbuilding Corporation Limited (CSSC).

Angkatan Laut Pakistan mengatakan bahwa PNS Tughril adalah lambung pertama dari empat frigat Tipe 054 yang sedang dibangun China untuk mereka, mencatat bahwa kapal itu adalah platform berteknologi maju.

"Dilengkapi dengan manajemen tempur canggih dan sistem peperangan elektronik bersama dengan kemampuan pertahanan diri modern, fregat Type 054A/P dapat secara bersamaan menjalankan sejumlah misi perang angkatan laut di lingkungan multi-ancaman yang sangat intens," kata pernyataan Pakistan, seperti dikutip dari Global Times, Selasa (9/11).

CSSC selaku pembuat kapal dalam pernyataannya mengakui bahwa fregat tersebut adalah kapal perang terbesar dan tercanggih yang pernah diekspor China.

"Penyelesaian dan pengiriman kapal tersebut merupakan pencapaian besar lain dari persahabatan China-Pakistan, dan selanjutnya akan meningkatkan kemitraan kerjasama strategis di segala cuaca antara kedua negara," kata perusahaan pembuat kapal China itu dalam pernyataannya.

"Pengiriman fregat juga berfungsi sebagai tonggak dalam memperluas pengaruh kapal China sebagai produk dan meningkatkan daya saing mereka di pasar internasional," kata CSSC.

Mengutip pernyataan Angkatan Laut Pakistan, Duta Besar Pakistan untuk China Moin ul Haque mengatakan bahwa penugasan PNS Tughril mengantar babak baru dalam persahabatan Pakistan-China yang telah matang melalui ujian waktu dan tetap teguh di semua bidang.

"Dalam konteks paradigma keamanan keseluruhan kawasan, TughrilFregat akan memperkuat kemampuan Angkatan Laut Pakistan untuk menanggapi tantangan maritim, dan juga memastikan pertahanan ke arah laut, menjaga perdamaian, stabilitas dan keseimbangan kekuatan di kawasan Samudera Hindia," kata duta besar.

Direktur Dewan CSSC Du Gang memuji pembangunan tepat waktu PNS Tughril tersebut. Hal itu adalah tonggak utama dan kesaksian persahabatan yang panjang antara China-Pakistan.

Kepala Misi Angkatan Laut Pakistan yang mengawasi pembangunan fregat 054A/P, Komodor Rashid Mehmood Sheikh, mengatakan bahwa TughrilFregat akan menjadi andalan armada Angkatan Laut Pakistan sekaligus memperkuat kemampuan pertahanan maritimnya.

Zhang Junshe, seorang peneliti senior di PLA Naval Research Academy, mengatakan bahwa Type 054A, yang menjadi basis Type 054A/P, adalah fregat paling canggih di China.

"Dibandingkan dengan fregat China sebelumnya, kapal baru ini memiliki kemampuan pertahanan udara yang lebih baik, karena dilengkapi dengan sistem radar yang ditingkatkan dan jumlah rudal yang lebih besar dengan jangkauan yang lebih jauh," kata Zhang, mencatat bahwa fregat Type 054A juga memiliki kemampuan siluman kelas dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA