Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amerika Bisa Ketar-Ketir, Sebentar Lagi China Siap Luncurkan Kapal Induk yang Tak Kalah Canggih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 11 November 2021, 06:55 WIB
Amerika Bisa Ketar-Ketir, Sebentar Lagi China Siap Luncurkan Kapal Induk yang Tak Kalah Canggih
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kemajuan pertahanan China terus mendapat sorotan. Sebuah wadah pemikir yang berbasis di Washington baru-baru ini menginformasikan bahwa China akan meluncurkan kapal induk terbarunya yang memiliki teknologi yang menyamai kapal induk AS.

Kapal induk, yang disebut sebagai Tipe 003 itu, sedang dalam tahap penyelesaian di galangan kapal Jiangnan di Shanghai. Kemungkinan bisa diluncurkan pada sekitar Februari 2022.  

“Berdasarkan informasi yang tersedia dan kemajuan yang diamati di Jiangnan, penulis memperkirakan Type 003 akan diluncurkan dalam waktu sekitar tiga hingga enam bulan ke depan,” isi dari laporan Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), seperti dikutip dari CNN, Rabu (10/11).

Pemasangan komponen eksternal dan internal utama, termasuk pembangkit listrik dan sistem peluncuran pesawat, terlihat hampir selesai, menurut laporan itu, dan akan segera dipastikan penyelesaiannya sebelum diluncurkan ke Sungai Yangtze.

Tidak seperti dua kapal induk China sebelumnya, Liaoning maupun Shandong,  yang menggunakan “teknologi Soviet yang ketinggalan zaman”, Type 003 menampilkan teknologi yang lebih maju.

Matthew Funaiole, rekan senior di Proyek China CSIS, menggambarkan Type 003 itu sebagai "perampokan pertama China ke kapal induk modern", melihat dari sistem ketapelnya yang mirip dengan yang digunakan oleh Angkatan Laut AS.

"Ini adalah langkah maju yang cukup signifikan," katanya.

Ia menambahkan bahwa China ingin "memberi isyarat kepada dunia bahwa ia memiliki angkatan laut kelas dunia dan mencoba meyakinkan negara-negara di sekitar kawasan atau di seluruh dunia bahwa itu setara dengan Amerika Serikat.

Sampai sejauh ini, Militer China belum secara resmi mengumumkan keberadaan kapal induknya yang ketiga itu. Namun, media-media China telah menginformasikannya sejak beberapa waktu lalu sampai kemudian muncul laporan dari CSIS ini.

Global Times
pada Rabu (10/11) menulis, bahwa kapal induk adalah platform yang sangat penting bagi Angkatan Laut China untuk menjaga kedaulatan nasional di Laut China Selatan, terutama mengingat seringnya AS melakukan provokasi di kawasan tersebut,  serta untuk mewujudkan reunifikasi dengan pulau Taiwan.

Li Jie, seorang ahli angkatan laut yang berbasis di Beijing, mengatakan dengan kemampuan itu, tidak heran jika AS sangat gugup menghadapi perkembangan apa pun dalam program kapal induk China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA