Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Blinken: Rusia Membuat Kesalahan Serius Jika Mengulangi Apa yang Dilakukannya pada 2014 di Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 11 November 2021, 13:00 WIB
Blinken: Rusia Membuat Kesalahan Serius Jika Mengulangi Apa yang Dilakukannya pada 2014 di Ukraina
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kanan) di Washington, DC, dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba/Net
rmol news logo Amerikat Serikat terus mengumandangkan dukungannya kepada Ukraina. Saat menerima kunjungan Dmytro Kuleba, Antony Blinken mengatakan bahwa komitmen AS untuk keamanan dan integritas teritorial Ukraina adalah kuat dan tidak akan berubah.

Pertemuan kedua menteri luar negeri pada Rabu (10/11) terjadi di tengah ketegangan yang semakin meningkat antara Ukraina dan Rusia. Blinken menyampaikan keprihatinannya terhadap laporan adanya penumpukan tentara Rusia di perbatasannya dengan Ukraina.

"Kami prihatin dengan laporan aktivitas militer Rusia yang tidak biasa di dekat Ukraina," kata Blinken, seperti dikutip dari USA Today, Kamis (11/11).

Menurut Blinken, setiap eskalasi Rusia di sepanjang perbatasan Ukraina akan dianggap sebagai 'keprihatinan besar'  yang menjadi perhatian serius AS.

Departemen Pertahanan Ukraina pekan lalu mengatakan sekitar 90.000 tentara berada di perbatasan Ukraina meskipun latihan militer telah selesai. Mereka bercokol di sana, menimbulkan kekhawatiran meletupnya ketegangan.

AS sendiri mengaku tidak mengetahui apa motif penunpukan militer Rusia di perbatasan, tetapi berdasarkan catatan masa lalu, Moskow pwrnah menciptakan provokasi di sepanjang perbatasannya untuk membenarkan intervensi militer.

Blinken kemudian mengatakan, bahwa Rusia akan membuat "kesalahan serius" jika mencoba mengulangi apa yang dilakukannya pada tahun 2014 di Ukraina. Rusia dan Ukraina pernah mengalami konflik besar pada 2014.

“Kami tidak memiliki kejelasan tentang niat Moskow, tetapi kami punya catatan sejarahnya," kata Blinken. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA