Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Terus Perdalaman Kerja Sama dengan AS Tanggapi Intimidasi China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 November 2021, 12:17 WIB
Taiwan Terus Perdalaman Kerja Sama dengan AS Tanggapi Intimidasi China
Ilustrasi/Net
rmol news logo Komitmen Amerika Serikat untuk berdiri membela Taiwan terus menerus dikumandangkan. Setelah  Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengulang pernyataannya bahwa AS tidak sendirian membela Taiwan,  Wakil Direktur Jenderal Departemen Luar Negeri Taiwan untuk urusan Amerika Utara, Regine Chen, menyusul memantapkan komitmen AS itu.

Dalam sebuah pernyataan ia mengatakan para pejabat senior AS telah berulang kali menegaskan komitmen mereka kepada Taiwan terhadap intimidasi militer China dan ia sangat menghargai hal itu.

"Pemerintah Taiwan akan terus memperdalam kerja sama dengan AS dan negara-negara lain yang berpikiran sama untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di Selat Taiwan dan kawasan Indo-Pasifik," ujarnya, seperti dikutip dari TaipeiTimes, Kamis (11/11).

Mengomentari rencana pertemuan virtual antara Biden dan Xi, kementerian mengatakan akan berkoordinasi erat dengan AS untuk memastikan bahwa kebijakannya terhadap Taiwan tetap tidak berubah.

Sebelumnya pada Selasa (9/11), delegasi kongres AS yang terdiri dari senator AS John Cornyn, Tommy Tuberville, Mike Crapo dan Mike Lee, serta Perwakilan AS Jake Ellzey, yang tiba di Taiwan dengan pesawat angkut militer untuk melakukan kunjungan ke Taiwan Semiconductor Manufacturing, di Hsinchu.

Sebuah tindakan yang kembali memancing amarah Beijing. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA