Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setahun Normalisasi Hubungan, UEA dan Bahrain Gabung Israel dan AS Latihan Maritim di Laut Merah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 12 November 2021, 13:11 WIB
Setahun Normalisasi Hubungan, UEA dan Bahrain Gabung Israel dan AS Latihan Maritim di Laut Merah
AS, Israel, UEA, dan Bahrain gelar latihan militer bersama di Laut Merah/Net
rmol news logo Empat negara yang meliputi Amerika Serikat (AS), Bahrain, Israel, dan Uni Emirat Arab (UEA) memulai latihan bersama di Laut Merah pada Kamis (11/11).

Latihan bersama selama lima hari itu digunakan untuk memperkuat Angkatan Laut. Itu juga latihan bersama keempatnya yang digelar untuk pertama kali setelah normalisasi hubungan antara Israel dengan UEA dan Bahrain pada tahun lalu.

Lewat pernyataannya, Armada ke-5 Angkatan Laut AS menuturkan, latihan berfokus pada taktik maritim dan meningkatkan interoperabilitas antara empat pasukan.

“Sangat menyenangkan melihat pasukan AS berlatih dengan mitra regional untuk meningkatkan kemampuan keamanan maritim kolektif kami,” kata Wakil Komandan Komando Pusat Angkatan Laut AS, Laksamana Brad Cooper, seperti dikutil Al Jazeera.

Ia mengatakan, kolaborasi maritim dapat membantu menjaga kebebasan navigasi dan arus perdagangan bebas, yang penting bagi keamanan dan stabilitas regional.

Laut Merah sendiri menghubungkan Teluk Aden ke Terusan Suez, menjadikannya salah satu rute pengiriman minyak utama dunia.

Pada Oktober, Israel menjadi tuan rumah latihan angkatan udara terbesar yang pernah ada. Baik AS dan UEA berpartisipasi bersama dengan Prancis dan Jerman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA