Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Maroko Resmikan Dua Konsulat Kehormatan di Korea Selatan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 November 2021, 15:47 WIB
Maroko Resmikan Dua Konsulat Kehormatan di Korea Selatan
Ilustrasi/Net
Kedutaan Besar Maroko meresmikan dua konsulat kehormatan di Korea Selatan dalam rangka memperingati 46 tahun Green March. Satu konsulat dibuka di kota Daegu sementara yang lain terletak di kota Incheon. Konsulat tersebut dibuka masing-masing pada tanggal 5 dan 9 November.

Pengusaha sekaligus ketua Hands Corporation, investor manufaktur otomotif Korea Selatan terbesar di Maroko, Hyun Chang-Seung diangkat sebagai Konsul Kehormatan di Incheon.

Sementara Konsul Kehormatan di Daegu dijabat pengusaha sekaligus presiden Asosiasi Maroko-Korea, Sung Gum-Hwa.

Sejumlah perwakilan politik, ekonomi, dan budaya hadir dalam acara peresmian tersebut.

Selama upacara pembukaan, Duta Besar Maroko untuk Korea Selatan Chafik Rachadi, menekankan pentingnya dua peresmian bertepatan dengan perayaan Green March.

"Konsulat kehormatan yang baru dibuka bertujuan untuk memainkan peran penting dalam pengembangan hubungan diplomatik antara kedua negara," kata diplomat tersebut, seperti dikutip dari Morocco News, Jumat (12/11).

Dia mengungkapkan keinginan Maroko untuk lebih mengkonsolidasikan kerja sama di berbagai bidang dan meningkatkan pertukaran antara aktor politik dan ekonomi.

Konsul Kehormatan Chang-Seung mengatakan dia bangga dengan penunjukan itu, menyambut perkembangan dinamis yang dialami Maroko di bawah kepemimpinan Raja Mohammed VI.

Sementara Sung Gum-Hwa menegaskan kembali tekadnya untuk berkontribusi dalam memperkuat hubungan bilateral antara orang-orang dari negaranya dan Maroko terutama melalui promosi ekonomi, pariwisata dan budaya.

Dia juga menyatakan kesiapannya untuk memberikan dorongan baru bagi peluang kerja sama antara kedua negara.

Hubungan antara Korea Selatan dan Maroko hampir berusia enam puluh tahun, dengan kedua negara menandatangani perjanjian diplomatik pertama mereka pada tahun 1962.

Kedutaan Korea Selatan di Maroko adalah misi diplomatik Korea Selatan pertama yang ditempatkan di benua Afrika.

Maroko merayakan peringatan ke 46 tahun Green March pada 6 November 2021.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA