Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Parlemen AS Kutuk Houthi Karena Menahan Sejumlah Staf Kedutaan Amerika di Yaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 13 November 2021, 07:52 WIB
Parlemen AS Kutuk Houthi Karena Menahan Sejumlah Staf Kedutaan Amerika di Yaman
Pendukung Houthi menghancurkan bendera AS selama demonstrasi di luar kedutaan AS menentang keputusan untuk menunjuk Houthi sebagai organisasi teroris asing, di Sanaa, Yaman/Net
rmol news logo Sejumlah anggota parlemen bipartisan AS mengecam kelompok Houthi karena melakukan pelanggaran baru-baru ini terhadap Kedutaan Besar AS di Kota Sanaa termasuk menahan para stafnya.

Di antara anggota Kongres yang mengeluarkan kecaman pada kelompok yang didukung Iran tersebut adalah Gregory Meeks dan Michael McCaul, serta Senator Bob Menendez dan Jim Risch.

Sebelumnya Al Arabiya English melaporkan pada Kamis (11/11) bahwa Departemen Luar Negeri AS sedang berupaya untuk mengamankan pembebasan karyawan kedutaan dan warga negara Yaman lainnya yang dipekerjakan oleh AS.

“Kami sangat prihatin dengan laporan bahwa Houthi telah melanggar kompleks kedutaan kami di Sanaa dan menahan serta melecehkan sejumlah staf.  Tindakan seperti itu melanggar hukum internasional dan prinsip-prinsip dasar hak asasi manusia, dan tidak boleh ditoleransi,” tulis anggota parlemen.

Bloomberg melaporkan bahwa setidaknya 25 warga Yaman ditahan oleh Houthi dalam beberapa pekan terakhir, mengutip dua orang yang mengetahui masalah tersebut.

Houthi, yang ditetapkan sebagai organisasi teroris pada hari-hari terakhir pemerintahan Trump, juga "melanggar" kompleks AS yang digunakan Kedutaan Besar sebelum mereka menghentikan operasi pada 2015, kata pejabat itu.

“Kami menyerukan kepada Houthi untuk segera mengosongkan mengembalikan semua properti yang disita,” kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA