Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Menlu Selandia Baru, Retno Marsudi Siap Kolaborasi Majukan Kerjasama Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 15 November 2021, 17:03 WIB
Bertemu Menlu Selandia Baru, Retno Marsudi Siap Kolaborasi Majukan Kerjasama Pasifik
Menteri Luar Negeri Selandia Baru Nanaia Mahuta dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Repro
rmol news logo Indonesia dan Selandia Baru siap berkolaborasi untuk memajukan kerjasama di Pasifik, termasuk dalam keketuaan Indonesia di G20.

Begitu yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Selandia Baru Nanaia Mahuta di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pada Senin (15/11).

Dalam konferensi pers bersama Mahuta, Retno menyampaikan ucapan selamat atas keketuaan Selandia Baru di APEC.

"Saya juga menekankan pentingnya kedua negara berkolaborasi memajukan kerjasama di Pasifik," ujar Retno.

Retno mengatakan, Indonesia mengapresiasi dukungan Selandia Baru atas pelaksanaan Pacific Exposition kedua yang berlangsung pada 27 hingga 30 Oktober lalu.

Kegiatan Pacific Exposition sendiri dikunjungi oleh 11 ribu orang, naik 50 persen dibandingkan ketika pertama kali digelar di Auckland. Selain itu, transaksi bisnisnya juga mencapai 104 juta dolar AS, naik 48 persen dari expo pertama.

"Saya juga menjelaskan bahwa Indonesia memiliki perhatian besar terhadap Pasifik dan negara kepulauan kecil selama keketuaan Indonesia di G20. Wakil dari Pasifik akan diundang dalam Presidensi G20 Indonesia," jelasnya.

Ia juga menekankan, Indonesia ingin melihat kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera. Hal itu pun tertuang dalam ASEAN Outlook on the Indo-Pacific yang diinisiasi Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Retno dan Mahuta juga membahas sejumlah isu, termasuk kerjasama energi, kesehatan dan pemulihan ekonomi dampak pandemi, hingga isu-isu di kawasan dan global. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA