Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gorbachev: Perlu Ada Demiliterisasi, Upaya Keamanan akan Gagal Jika Pemerintah Sibuk Buang Uang untuk Perlombaan Senjata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 16 November 2021, 15:55 WIB
Gorbachev: Perlu Ada Demiliterisasi, Upaya Keamanan akan Gagal Jika Pemerintah Sibuk Buang Uang untuk Perlombaan Senjata
Presiden pertama Uni Soviet Mikhail Gorbachev/Net
RMOL. Ancaman dunia bukan hanya pandemi, kemiskinan, kekeringan, dan pemanasan global, tetapi juga perlombaan senjata. Untuk itu, diharapkan agar negara-negara melakukan demiliterisasi untuk meminimalkan ancaman dunia.

Presiden pertama Uni Soviet Mikhail Gorbachev dalam pidatonya di Konferensi Aliansi Global untuk Keamanan Nuklir dan Dunia Bebas Nuklir, mengatakan, agar negara-negara mempertimbangkan kembali pemahaman tentang keamanan yang sejauh ini terbatas pada aspek militer, dan menyerukan demiliterisasi.

"Upaya untuk memberi keamanan yang lebih baik untuk semua masyarakat akan gagal, jika pemerintah terus membuang uang dalam jumlah besar ke dalam tungku perlombaan senjata, terutama perlombaan senjata nuklir," ujar Gorbachev dalam konferensi yang diselenggarakan pada Senin (15/11), seperti dikutip dari TASS.

Ia juga menolak pemahaman bahwa senjata nuklir diciptakan untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia. "Itu hanya mitos dan spekulasi!" katanya, menambahkan bahwa ia sangat berharap pada "hasil nyata" dari pembicaraan Jenewa, di mana presiden Rusia dan AS membahas urusan nuklir.

Ia mengingatkan kembali peristiwa di mana senjata nuklir adalah akar penyebab krisis Karibia pada tahun 1962.

Gorbachev kemudian menyampaikan penghargaannya atas inisitiatif presiden pertama Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev, atas terselenggaranya  Konferensi Aliansi Global untuk Keamanan Nuklir dan Dunia Bebas Nuklir.

Konferensi dibuka di ibukota Kazakhstan pada Senin waktu setempat, dan mendapat dukungan luas dari para pemimpin politik di banyak negara.

"Harus ada demiliterisasi politik dunia, hubungan internasional dan pemikiran politik untuk menyelamatkan mereka dari pedang nuklir Damocles," katanya, merujuk pada tokoh Damocles dalam kisah anekdot 'Pedang Damocles'. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA