Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Republic Plan Kembali Diaktifkan untuk Amankan Pemilu 21N

LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 18 November 2021, 15:41 WIB
  Fuerza Armada Nacional Bolivariana (FANB) atau Angkatan Bersenjata Republik Bolivarian Venezuela kembali diaktifkan untuk mengamankan pemilihan umum lokal yang akan diselenggarakan tanggal 21 November mendatang.

Tidak kurang dari 356 ribu personel FANB akan mengawal 14.262 TPS dan seluruh fasilitas pendukung Pemilu 21N di seluruh negeri.

Pelepasan personel FANB dilakukan Komandan Operasional dan Strategis FANB Domingo Hernández di pangkalan militer Paseo de los Próceres, di Caracas, hari Selasa lalu (16/11).

Disebutkan, FANB juga bertugas untuk melindungi anggota pemantau pemilu internasional yang telah berkumpul di Caracas.

Menteri Pertahanan Vladimir Padrino juga memastikan FANB bertanggung jawab melindungi warganegara yang mengikuti pemilu lokal yang digelar di ke-23 negara bagian.

FANB, katanya, memiliki tugas mengamankan logistik dan infrastruktur pemilu serta menjamin stabilitas negara dalam proses demokrasi yang berlangsung secara damai.

Sementara Menteri Hubungan Internal, Keadilan, dan Perdamaian Remigio Ceballos mengatakan, selain FANB, sebanyak 98 polisi juga dikerahkan untuk mengamankan Pemilu 21N.

Sebanyak 21 juta warganegara Venezuela memiliki hak untuk memberikan suara dalam pemilu yang disebut sebagai pemilu terbesar yang dilaksanakan di Venezuela.

Dalam Pemilu 21N akan dipilih 23 gubernur negara bagian,  2.471 anggota lembaga legislatif di ke-23 negara bagian, 335 walikota, dan 253 legislator (semacam electoral college).

Pemilu 21N adalah pemilu ke-29 yang diselenggarakan Venezuela sejak revolusi 1999, dan merupakan bagian dari pembicaraan damai yang dilakukan pemerintah dengan oposisi di Meksiko beberapa waktu lalu.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA