Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawa Misi Biden, Blinken Bakal Gelar Diskusi bersama Presiden Nigeria Muhammadu Buhari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 19 November 2021, 07:04 WIB
Bawa Misi Biden, Blinken Bakal Gelar Diskusi bersama Presiden Nigeria Muhammadu Buhari
Presiden Nigeria Muhammadu Buhari/Net
rmol news logo Kemunduran demokrasi Afrika Barat menjadi bagian dari fokus utama Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken yang tiba di Nigeria pada Kamis (17/11) waktu setempat, akan membahas permasalahan tersebut bersama Presiden Muhammadu Buhari, sekaligus berdialog mengenai kemananan domestik dan regional negara itu.
Perjalanan Blinken ke tiga negara Afrika dimulai di Kenya, di mana ia mengulangi seruan untuk gencatan senjata tanpa syarat dalam konflik Ethiopia dan menyerukan kembalinya demokrasi sipil di Sudan setelah kudeta bulan lalu.

Reuters
melaporkan, mengutip keterangan para pejabat di kepresidenan, selain membahas keamanan domestik dan regional dengan Buhari dan para pejabatnya, Blinken juga akan membahas kemungkinan dukungan militer dan intelijen AS untuk upaya kontra-terorisme Nigeria.

"Diskusi juga akan mencakup kerja sama keamanan kesehatan global, perluasan akses energi dan pertumbuhan ekonomi, serta revitalisasi demokrasi di kawasan," kata mereka.

Menjelang kedatangannya di Abuja, Blinken menghapus Nigeria dari daftar negara dengan masalah kebebasan beragama, menarik teguran tajam dari komisi pemerintah AS yang telah merekomendasikan pemerintahan Biden untuk mempertahankan Nigeria sebagai negara yang disebut sebagai negara yang menjadi perhatian khusus.

Perjalanan Blinken ke Afrika terjadi di tengah berbagai krisis yang melanda benua itu, termasuk perang di Ethiopia utara dan kudeta militer Sudan. Itu terjadi setelah kudeta lain awal tahun ini di Guinea dan dua lainnya di Mali dan Chad pada 2020.

Menurut jadwal Blinken akan menyampaikan pidato kebijakan Presiden Joe Biden terhadap Afrika pada Jumat (18/11) waktu setempat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA