Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Promosi Budaya Indonesia, 31 Lukisan Ibu Sih Elsiwi Oratmangun Warnai Beijing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 19 November 2021, 12:31 WIB
Promosi Budaya Indonesia, 31 Lukisan Ibu Sih Elsiwi Oratmangun Warnai Beijing
Ibu Sih Elsiwi Oratmangun dan Dutabesar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun/KBRI Beijing
rmol news logo Sebanyak 31 lukisan yang menggambarkan khasanah alam Indonesia, Eropa, dan Tiongkok karya Ibu Sih Elsiwi Oratmangun ditampilkan dalam sebuah pameran tunggal di Beijing.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pameran ini digelar oleh China Tianying (CNTY) dan China Public Diplomacy, dengan didukung oleh KBRI Beijing, seperti dalam keterangan yang diterima redaksi.

Pameran bertema "Along Her Way: Colorful Life on Canvas" ini digelar di ruang salon kantor China Tianying (CNTY) yang berlokasi di  Dongfangdong Road, Chaoyang, Beijing hingga 22 Desember 2021.

Pembukaan pameran dilakukan pada Selasa (16/11) dengan menghadirkan Dutabesar dan istri dutabesar negara-negara ASEAN, serta negara lainnya seperti Jepang, Kolombia, Uni Emirat Arab (UEA), Malta, Azerbaijan, Cabo Verde, dan Romania.

Pembukaan ini juga semakin diramaikan dengan kehadiran Sekjen ASEAN China Center, pelaku usaha Tiongkok, media berita lokal, dan staf KBRI Beijing.

Membuka pameran, Dutabesar RI untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun mengapresiasi CNTY dan China Public Diplomacy Network atas dukungan mereka mempromosikan seni budaya Indonesia di Tiongkok.

“Seni dapat menjadi sarana penguatan hubungan people-to-people lintas negara. Saya berharap CNTY ke depan dapat terus ikut berkontribusi memajukan hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok, tidak hanya dari segi ekonomi, tetapi juga sosial budaya," ujarnya.

Ibu Sih Elsiwi Oratmangun berasal dari Desa Selomerto, Wonosobo. Meski tidak mengenyam pendidikan seni secara formal, ia telah melukis sejak delapan tahun lalu.

Lukisan-lukisan beliau telah banyak dipamerkan dalam ajang pameran lukisan internasional di Jakarta dan Borobudur/Magelang, Yogyakarta, Indonesia dan kota-kota di berbagai negara lainnya seperti Moskow, Budapest, Hanoi, Kuala Lumpur, Dhaka, Kathmandu, Beijing dan Weifang.

Pameran lukisan tunggal ini merupakan kali ketiga bagi Ibu Sih Elsiwi Oratmangun. Dua pameran sebelumnya diadakan di Moskow (April 2014) dan Jakarta (April 2018).

Pada pembukaan pameran tunggal di Beijing ini, Ibu Sih Elsiwi Oratmangun juga dianugerahi Lifetime Honorary Consultant dari China Public Diplomacy Network dan China-Indonesia Cultural Friendship Award dari CNTY. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA