Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mengacu Percakapan Nixon dan Mao Zedong, Henry Kissinger Yakin China Tak Akan Buru-buru Serang Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 22 November 2021, 14:47 WIB
Mengacu Percakapan Nixon dan Mao Zedong, Henry Kissinger Yakin China Tak Akan Buru-buru Serang Taiwan
Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger/Net
rmol news logo China tampaknya tidak akan menyerang Taiwan dalam waktu dekat. Tapi Beijing memiliki keyakinan yang tidak akan berubah bahwa Taiwan merupakan bagian dari China.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) periode 1973-1977, Henry Kissinger sendiri percaya invasi Beijing ke Taiwan tak akan terjadi pada dekade ini. Hal itu didasarkan pada dialog para pemimpin China di masa lalu, yaitu antara Presiden Richard Nixon dan Presiden Mao Zedong.

"Suatu titik tercapai di mana pada percakapan dengan Nixon, kita bisa menunggu bahkan mungkin 100 tahun, suatu hari nanti kita akan memintanya, tapi kita tidak perlu membahasnya saat ini," ujar Kissinger, seperti dikutip Sputnik.

Kissinger juga berpendapat serangan dekat ke Taiwan oleh China tidak mungkin. Sejauh ini, ia memproyeksi serangan tidak akan terjadi dalam periode sepuluh tahun ke depan.

“Saya pikir sangat mungkin bahwa jika konfrontasi terus berkembang, China akan mengambil langkah-langkah yang akan melemahkan kemampuan Taiwan untuk tampil secara substansial otonom," jelasnya.

Kissinger yang menjabat sebagai menteri luar negeri untuk Nixon, telah membantu membuka hubungan antara kedua negara.

Sebagai dua negara paling maju secara teknologi saat ini, Kissinger melanjutkan, AS dan China memiliki kapasitas penghancuran yang sangat besar, dan beberapa dari kapasitas ini adalah kecerdasan buatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA