Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ziad Abu Amr: Palestina sangat Mementingkan Saran dan Harapan China

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 24 November 2021, 15:37 WIB
Ziad Abu Amr: Palestina sangat Mementingkan Saran dan Harapan China
Wakil Perdana Menteri Palestina Ziad Abu Amr /Net
China memainkan peran penting dalam menyelesaikan konflik Timur Tengah, terutama masalah Palestina.

Begitu disampaikan Wakil Perdana Menteri Palestina Ziad Abu Amr selama percakapan teleponnya bersama Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada Selasa (23/11).

"Pihak Palestina sangat mementingkan saran dan harapan China untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi dengan China dalam hal ini untuk mendorong penyelesaian masalah Palestina lebih awal dan adil," katanya, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (24/11).

Sementara Wang mengatakan pengakuan pihak Palestina menunjukkan persahabatan persaudaraan dan saling percaya antara kedua negara.

"Masalah Palestina selalu menjadi pertanyaan inti di Timur Tengah," katanya, seraya menambahkan bahwa hanya ketika masalah Palestina diselesaikan dengan adil, Timur Tengah dapat benar-benar mencapai perdamaian dan keamanan.

"China berpendapat bahwa solusi paling mendasar untuk masalah Palestina adalah mengembalikan keadilan kepada rakyat Palestina," kata Wang.

Wang juga mengatakan bahwa komunitas internasional harus menjunjung tinggi prinsip 'tanah untuk perdamaian', mematuhi solusi dua negara dan bekerja untuk pembentukan awal Negara Palestina yang sepenuhnya berdaulat dan merdeka berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

"Pertama, otoritas Otoritas Nasional Palestina harus ditingkatkan, dan otoritas tersebut harus diberi wewenang untuk menjalankan fungsi kedaulatan di bidang keamanan, keuangan, dan bidang lainnya, sehingga dapat memperoleh kontrol efektif atas wilayah otonom dan pendudukan," tegas Wang.

Kedua, kata Wang, faksi-faksi Palestina harus didukung untuk persatuan yang lebih besar, di mana mereka dapat mencapai rekonsiliasi internal melalui konsultasi dan dialog, juga bersatu dalam pembicaraan untuk penyelesaian masalah Palestina.

"Ketiga, Palestina dan Israel harus didorong untuk melanjutkan pembicaraan damai berdasarkan solusi dua negara " kata Wang.

"China juga menyambut baik Palestina dan Israel untuk mengadakan negosiasi langsung di China," ujarnya.

Wang menekankan bahwa China selalu berdiri di sisi perdamaian, alasan, dan keadilan atas masalah Palestina, menambahkan bahwa Presiden China Xi Jinping telah mengajukan proposal berkali-kali untuk penyelesaian masalah Palestina yang komprehensif, tahan lama, dan adil.

Menlu juga menunjukkan bahwa sejak pembentukan hubungan diplomatik antara China dan Palestina, hubungan bilateral telah berkembang dengan mantap dan persahabatan antara kedua bangsa terus semakin dalam, menambahkan bahwa China berterima kasih kepada pihak Palestina atas dukungan kuatnya dalam serangkaian masalah mengenai kepentingan inti China.

Selama bertahun-tahun, kata Wang, China, dalam kapasitasnya, telah secara aktif membantu pihak Palestina mengembangkan ekonominya dan meningkatkan mata pencaharian rakyatnya, dan akan terus memberikan bantuan kemanusiaan, anti-epidemi dan pembangunan sesuai dengan kebutuhan pihak Palestina.

Menanggapi hal tersebut , Amr mengatakan bahwa pihak Palestina sangat menghargai sikap China yang tidak memihak atas masalah Palestina, berterima kasih kepada China atas dukungan material dan moral jangka panjangnya kepada rakyat Palestina.

"Pihak Palestina akan terus dengan tegas mendukung China dalam menjaga hak dan kepentingannya yang sah, menentang campur tangan dalam urusan dalam negeri China, menolak tuduhan palsu terhadap China dan siap bekerja dengan China untuk mempromosikan perkembangan yang lebih besar dalam hubungan Palestina-China," ujarnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA