Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertahun-tahun Jadi Negara yang Unggulkan Kesetaraan Gender, Baru Kali Ini Swedia Tunjuk Wanita sebagai Perdana Menteri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 25 November 2021, 05:59 WIB
Bertahun-tahun Jadi Negara yang Unggulkan Kesetaraan Gender, Baru Kali Ini Swedia Tunjuk Wanita sebagai Perdana Menteri
Magdalena Andersson /Net
rmol news logo Untuk pertama kalinya dalam sejarah Swedia memiliki perdana menteri wanita.

Parlemen negara itu menunjuk Menteri Keuangan Magdalena Andersson pada Rabu (24/11), menggantikan Stefan Löfven yang baru-baru ini mengundurkan diri sebagai perdana menteri negara itu dan sebagai pemimpin partai Sosial Demokrat.

Pemilihan pada Rabu didahului dengan kekalahan Anderson, di mana 117 anggota parlemen setuju, 57 abstain dan 174 menentang. Namun, di bawah sistem Swedia, seorang calon perdana menteri tidak memerlukan dukungan mayoritas di parlemen.

Andersson, memenangkan persetujuan parlemen setelah mencapai kesepakatan menit terakhir dengan mantan Partai Kiri komunis.

Penunjukan Anderson sebagai perdana menteri menandai tonggak sejarah bagi Swedia, yang selama beberapa dekade dipandang sebagai salah satu negara paling progresif di Eropa dalam hal hubungan gender, tetapi belum memiliki seorang wanita di posisi politik teratas.

Pemerintah Lofven menggambarkan dirinya sebagai "feminis", menempatkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki di jantung pekerjaan nasional dan internasional, seprti dilaporkan BBC.

Andersson secara resmi akan mengambil alih fungsinya setelah pertemuan dengan Raja Carl XVI Gustaf pada Jumat (26/11).

Anderson adalah mantan juara renang dan master di bidang Ekonomi dari Stockholm School of Economics ini. Ia menjabat sebagai menteri keuangan Swedia sejak 2014.

Beberapa saat setelah penunjukkannya, dia mengatakan ingin "mengambil kembali kendali demokratis atas sekolah, perawatan kesehatan, dan perawatan lansia, dan menjauh dari privatisasi sektor kesejahteraan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA