Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banyak Catatan Pelanggaran HAM, Putra Muammar Gaddafi Didiskualifikasi dari Daftar Capres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 25 November 2021, 14:52 WIB
Banyak Catatan Pelanggaran HAM, Putra Muammar Gaddafi Didiskualifikasi dari Daftar Capres
Saif Al-Islam Gaddafi/Net
rmol news logo Putra mendiang presiden Libya Muammar Gaddafi, Saif al-Islam Gaddafi telah didiskualifikasi dari daftar kandidat calon presiden untuk pilpres pada bulan depan.

Komite Pemilihan Nasional Tinggi telah mendiskualifikasi Gaddafi pada Rabu (24/11) lantaran tidak memenuhi syarat yang dikeluarkan badan tersebut.

Dikutip The Week, Gaddafi dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut di pengadilan dalam kurun beberapa hari.

Gaddafi adalah salah satu tokoh paling menonjol dalam pilpres. Dia akan bersaing dengan sejumlah tokoh, termasuk Komandan Libya Timur Khalifa Haftar, Perdana Menteri Abdulhamid al-Dbeibah dan ketua parlemen Aguila Saleh.

Saif al-Islam Gaddafi sendiri telah dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan Tripoli pada 2015 karena menggunakan kekerasan terhadap pengunjuk rasa dalam pemberontakan 2011 terhadap ayahnya yang dikenal sebagai diktator, tetapi keputusan itu dipertanyakan oleh otoritas saingan Libya.

Dia juga dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan terkait dengan pemberontakan.

Libya akan mengadakan pemilihan presiden putaran pertama pada 24 Desember, demi mengakhiri perang saudara di negara itu.

Setelah penggulingan dan pembunuhan Moammar Gaddafi pada 2011, Libya yang kaya minyak menghabiskan sebagian besar dekade terakhir terpecah antara pemerintah saingan, satu berbasis di ibukota Tripoli, dan yang lainnya di bagian timur. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA