Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kunjungan Pertama Menhan Israel ke Maroko: Benjamin Gantz dan Abdellatif Loudiyi Menandatangani Kesepakatan Militer

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 25 November 2021, 16:41 WIB
Israel dan Maroko sepakat untuk mempromosikan kerja sama pertahanan, termasuk kegiatan intelijen dan latihan militer bersama.

Dalam kunjungannya ke Rabat, Maroko, Rabu (24/11), Menteri Pertahanan Benjamin Gantz berkesempatan untuk berdialog lebih dalam lagi dengan timpalannya, Abdellatif Loudiyi.

Keduanya kemudian menandatangani pakta pertahanan resmi pertama antara Israel dan negara Arab, seperti dilaporkan Telesurenglish.

Penandatanganan perjanjian adalah salah satu kegiatan pertama dalam kunjungan Gantz. 

Gantz mengatakan pakta itu akan memungkinkan kedua negara untuk memasuki proyek bersama dan mempromosikan hubungan antara industri pertahanan mereka.

Kerja sama dalam masalah penelitian, pembelian yang berkaitan dengan keamanan dan pertahanan, pelatihan bersama dan kolaborasi industri, adalah poin-poin yang tercakup dalam pakta tersebut, menurut laporan dari media Israel, yang dikutip oleh surat kabar Maroko, Le Matin.

Tahun lalu, Israel yang telah lama berselisih dengan negara-negara Arab atas masalah Palestina, mencoba untuk  menormalkan hubungan diplomatiknya. Setelah melakukan normalisasi dengan Uni Emirat Arab, Israel pun melakukan normalisasi dengan Maroko, yang digagas oleh AS.

Gantz mengungkapkan rasa senang dan terima kasihnya kepada Raja Maroko Mohammed VI atas upayanya untuk memperkuat kerja sama antara kedua negara.

Ini adalah pertama kalinya Menteri Pertahanan Israel melakukan kunjungan resminya ke Maroko.

Pada Agustus 2020, Menteri Luar Negeri Yair Lapid mengunjungi negara itu terkait kebakaran hutan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA