Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rangkul UMKM WNI di Brunei, KBRI Lanjutkan Sesi Workshop Marketing Online

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 26 November 2021, 15:30 WIB
rmol news logo Banyaknya pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19 membuat Kedutaan Besar RI (KBRI) Bandar Seri Begawan membuat terobosan dengan menggelar workshop bagi WNI yang memiliki UMKM di Brunei Darussalam.

Seri Workshop Teknis Berusaha untuk UMKM yang digelar oleh KBRI Bandar Seri Begawan dilakukan sejak November 2021. Materi yang diberikan sesuai dengan situasi pandemi Covid-19 dan fase pemulihan.

Workshop tersebut dijadwalkan untuk dilanjutkan pada 4 Desember 2021 dengan tema Marketing Online Technic.

Wakil Kepala Perwakilan KBRI Bandar Seri Begawan Irwan Iding mengatakan, workshop pada bulan depan akan digelar sebagai penutup dari rangkaian yang sudah dilaksanakan secara virtual oleh KBRI.

“Setelah belajar mengenai koperasi dan pengolaan keuangan dasar, seri berikutnya adalah tentang marketing online yang menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam berusaha di masa pandemi seperti saat ini,” ujar Irwan Iding dalam keterangannya yang diterima redaksi.

Irwan Iding mengatakan, masa pandemi Covid-19 membuat UMKM menjadi pihak yang paling rentan terdampak krisis. Banyak kesulitan dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM untuk tetap menjalankan bisnisnya.

"Namun di sisi lain, pandemi mengajarkan kita untuk lebih fokus berinovasi, berpikir lebih kreatif, dan beradaptasi dengan tuntutan zaman dan persaingan bisnis, serta terus mengembangkan usaha ke depan," lanjutnya.

Di sisi lain, ia juga menekankan, setiap platform online yang ada saat ini memiliki ciri khas masing-masing, sehingga para pengusaha perlu mengenal baik dan memahami cara pendekatan yang sesuai dengan platform yang digunakan.

Sesi Workshop Teknis Berusaha dimulai sejak 13 November 2021 dengan mengupas prinsip dan kerjasama usaha koperasi. Sesi ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Sesi kedua dilanjutkan pada 20 hingga 21 November 2021 dengan membedah pengelolaan keuangan bisnis dan tata buku untuk UMKM dengan narasumber dari Kantor Wilayah Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara dan Ultima Business and Management Consulting.

Setiap workshop dihadiri oleh lebih dari 150 peserta yang secara aktif berdiskusi mengenai strategi dalam menciptakan profit. Mereka berharap kegiatan serupa dapat diadakan kembali di masa mendatang dengan waktu pelatihan yang lebih panjang dan dalam bentuk tatap muka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA