Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Susul Negara-negara yang Tutup Akses dari dan ke Afsel Terkait Varian B.1.1.529, AS Segera Terapkan Pembatasan Perjalanan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 27 November 2021, 09:16 WIB
Susul Negara-negara yang Tutup Akses dari dan ke Afsel Terkait Varian  B.1.1.529, AS Segera Terapkan Pembatasan Perjalanan
Ilustrasi/Net
Kehadiran varian baru virus corona yang beredar di Afrika Selatan, membuat pemerintahan Amerika Serikat memasang alarmnya.

Terhitung mulai Senin (29/11), AS akan memberlakukan pembatasan perjalanan, menurut pejabat senior pemerintahan Biden. Pembatasan akan diberlakukan dengan cermat dan sangat hati-hati. Belum dijelaksan pembatasan yang dimaksud apakah hanya untuk perjalanan dari dan ke Afrika Selatan.

Pembatasan baru yang akan diberlakukan juga akan memberi kesempatan bagi badan kesehatan federal dan rekan-rekan global mereka untuk mempelajari varian tersebut lebih dalam lagi, termasuk tingkat keganasannya, seperti dikutip dari CNN.

Pejabat itu mengatakan, bisa saja penyebaran virus varian baru asal Afrika Selatan, B.1.1.529 atau yang disebut Omicron, itu terjadi di beberapa titik dan itu tidak akan terelakkan. Saat ini, diduga varian tersebut telah masuk ke Amerika Serikat, meskipun belum ada kasus dilaporkan.

Menuju penerapan pembatasan baru, pemerintah telah memberi peringatan tentang bahayanya virus tersebut.

Pejabat AS diperkirakan akan berbicara dengan para ilmuwan di Afrika Selatan lagi pada Minggu (28/11) untuk penyelidikan varian baru ini.

Organisasi Kesehatan Dunia mengumumkan pada hari Jumat (25/11) bahwa mereka menganggap strain virus corona B.1.1.529 atau Omicron, sebagai varian baru yang sangat mengkhawatirkan, yang bahkan lebih ganas dari varian Delta.

Varian omicron telah terdeteksi pada tingkat yang lebih cepat daripada lonjakan sebelumnya, menunjukkan itu mungkin memiliki keunggulan dibandingkan varian lain.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA