Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Para Pembuat Vaksin Besar Dunia Siapkan Strategi Lawan Varian Covid Omicron, Rusia dan China Siap Bergabung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 27 November 2021, 16:51 WIB
Para Pembuat Vaksin Besar Dunia Siapkan Strategi Lawan Varian Covid Omicron, Rusia dan China Siap Bergabung
ilustrasi/ Net
rmol news logo Munculnya Omicron, strain baru virus corona yang disebut-sebut lebih berbahaya dari varian sebelumnya telah mulai diantisipasi sejumlah perusahaan farmasi di dunia, termasuk rencana untuk mengubah vaksin yang ada dan mengembangkan booster baru.

Salah satu perusahaan farmasi yang mulai mempersiapkan strateginya melawan varian baru itu adalah Pfizer. Perusahaan yang berbasis di AS itu mengatakan kepada Fox Business bahwa mereka tetap waspada dan terus memantau varian baru yang berpotensi lolos dari perlindungan vaksin yang dibuatnya bersama mitranya dari Jerman BioNTech.

“Jika varian pelepasan vaksin muncul, Pfizer dan BioNTech berharap dapat mengembangkan dan memproduksi vaksin yang dibuat khusus untuk varian tersebut dalam waktu sekitar 100 hari, tergantung pada persetujuan peraturan,” kata perusahaan, meskipun itu tidak mengatakan apakah penelitian khusus telah dilakukan ke Omicron sejauh ini, seperti dikutip dari RT,  Sabtu (27/11).

Sementara BioNTech, dalam pernyataan terpisah, mencatat bahwa Omicron “berbeda secara signifikan dari varian yang diamati sebelumnya karena memiliki mutasi tambahan yang terletak di protein lonjakan,” mengacu pada mekanisme di mana virus corona mendapatkan akses ke sel inang dan menyebabkan infeksi.

“’Varian pelarian’ itu dapat memerlukan penyesuaian vaksin kami jika variannya menyebar secara global,” kata BioNTech.

Moderna dan Johnson & Johnson, dua pengembang vaksin Covid utama lainnya, juga telah mengeluarkan surat perintah serupa pada Jumat (26/11). Mereka menyatakan bahwa mereka sudah menguji suntikan booster untuk orang dewasa sehat yang mengandung dua kali dosis vaksin daripada yang saat ini disetujui.

Moderna juga mengatakan bahwa saat ini sedang mempelajari dua kandidat booster yang dirancang khusus untuk “mengantisipasi mutasi seperti yang muncul pada varian Omicron.”
Pembuat vaksin lainnya, Johnson & Johnson juga mengatakan kepada Fox bahwa mereka sedang menguji kemanjuran imunisasi Janssen terhadap Omicron dan memantau dengan cermat mutasi pada protein lonjakan virus.

Di Rusia, Kirill Dmitriev, kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), yang mendanai pengembangan vaksin Sputnik V juga sudah angkat bicara mengenai munculnya varian baru tersebut.

“Sangat penting untuk menyelidiki varian baru,” kata Dmitriev, dalam sebuah wawancara bersama RT pada Jumat (26/11).

Jika ternyata strain tersebut resisten terhadap vaksin saat ini, ia menyuarakan keyakinan bahwa para ilmuwan Rusia dapat  sangat cepat mengadaptasi Sputnik V ke varian baru.

Setelah pertemuan dengan para peneliti China untuk membahas kemungkinan imunisasi gabungan, Dmitriev juga menyerukan kerja sama internasional yang lebih dalam dalam menciptakan portofolio vaksin yang beragam untuk memerangi jenis yang lebih berbahaya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA