Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gempa berkekuatan 7,5 SR Melanda Peru Utara, 75 Rumah Hancur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 29 November 2021, 06:55 WIB
Gempa berkekuatan 7,5 SR Melanda Peru Utara, 75 Rumah Hancur
Ilustrasi/Net
RMOL. Gempa bumi dengan kekuatan 7,5 melanda Peru utara pada Minggu pagi (28/11), sekitar pukul  05:52 (1052 GMT).

Survey Geologi AS mengatakan, pusat gempa berada di wilayah Amazon, 42 kilometer (26 mil) utara barat laut kota Barranca. Getarannya terasa hampir 800 kilometer (500 mil) jauhnya, di mana beberapa orang bergegas keluar dari rumah mereka karena khawatir.

Getaran juga terasa di beberapa bagian Kolombia dan Brasil.

Gempa menyebabkan banyak bangunan runtuh. Bagian dari gereja abad ke-16 di distrik La Jalca di wilayah Amazon roboh, menyebabkan sedikitnya tiga orang terluka. Sebuah gereja di kotamadya Loja di negara tetangga Ekuador juga sebagian rusak, seperti dilaporkan AP.

Walikota Walter Culqui mengatakan kepada radio RPP Peru, batu-batu yang jatuh memblokir beberapa jalan raya di wilayah Amazonas dan Cajamarca di Peru.

Institut Pertahanan Sipil Nasional Kementerian Pertahanan di Peru belum  melaporkan adanya korban akibat gempa tersebut, namun sebanyak 75 rumah hancur. Tujuh tempat ibadah dan dua pusat perbelanjaan juga termasuk di antara fasilitas yang rusak.

Gempa bumi biasa terjadi di Peru, yang termasuk dalam Cincin Api Pasifik di mana 85% aktivitas seismik planet terjadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA