Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tsai Ing-wen: Kita Harus Pertahankan Demokrasi dari Otoritarianisme

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 29 November 2021, 13:59 WIB
Tsai Ing-wen: Kita Harus Pertahankan Demokrasi dari Otoritarianisme
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen/Net
rmol news logo Taiwan dan Eropa harus bekerja sama untuk mempertahankan demokrasi, melawan otoritarianisme dan disinformasi.

Begitu yang dikatakan oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen ketika menyambut kunjungan sejumlah delegasi dari Lithuania, Latvia, dan Estonia di Kantor Kepresidenan pada Senin (29/11).

"Demokrasi yang kita nikmati hari ini didapatkan dengan bersusah payah. Ini adalah sesuai yang kita pahami," ujarnya, seperti dikutip Reuters.

Pernyataan Tsai sendiri merujuk pada sejarah beberapa negara Baltik yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet. Mereka berusaha untuk keluar dari pemerintahan otoriter dan berjuang mendapatkan kebebasan.

"Sekarang dunia menghadapi tantangan dengan ekspansi otoritarianisme dan ancaman disinformasi. Taiwan lebih dari ingin untuk berbagi pengalaman dalam memerangi disinformasi dengan rekan-rekan Eropa kami. Kita harus melindungi nilai-nilai yang kita miliki, memastikan kebebasan dan demokrasi terus berjalan," tambahnya.

Lithuania menghadapi tekanan dari China sejak mengizinkan kantor perwakilan Taiwan di ibukotanya.

China yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya memberlakukan tekanan diplomatik pada rekan-rekan diplomatik Taiwan.

Pemimpin parlemen Lithuania untuk Grup Persahabatan Taiwan, Matas Maldeikis mengatakan kehadiran delegasinya merupakan bentuk solidaritas terhadap Pulau Formosa.

"Pemerintah Lithuania memiliki kebijakan untuk memberikan dukungan secara luas terhadap Taiwan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA