Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

WHO: Pembatasan Perjalanan Hanya Sedikit Mencegah Penyebaran, tapi Lebih Banyak Membebani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 29 November 2021, 14:45 WIB
WHO: Pembatasan Perjalanan Hanya Sedikit Mencegah Penyebaran, tapi Lebih Banyak Membebani
Ilustrasi/Net
rmol news logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkritik langkah banyak negara yang memberlakukan larangan terbang dari dan ke sejumlah negara Afrika karena kekhawatiran atas varian baru Omicron.

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu (28/11), direktur regional WHO untuk Afrika Matshidiso Moeti mendesak negara-negara untuk mencabut larangan tersebut.

Alih-alih, Moeti meminta negara-negara untuk mengikuti sains dan peraturan kesehatan internasional.

"Pembatasan perjalanan mungkin sedikit berperan dalam mengurangi penyebaran Covid-19, tetapi memberi beban berat pada kehidupan dan mata pencaharian," ujarnya, seperti dikutip Associated Press.

Moeti mengatakan, berdasarkan Peraturan Kesehatan Internasional yang diakui oleh lebih dari 190 negara, jika pembatasan diterapkan, maka tidak boleh bersifat invasif atau mengganggu yang tidak perlu, serta harus berbasis ilmiah.

Setelah Afrika Selatan mengumumkan munculnya varian Omicron pada pekan lalu, WHO menindaklanjuti dengan membuat pertemuan darurat pada Jumat (26/11).

Dalam pertemuan darurat, WHO memasukkan varian Omicron ke dalam daftar varian yang mendapatkan perhatian karena diyakini memiliki potensi lebih menular dan berbahaya.

Kabar tersebut kemudian ditanggapi banyak negara dengan menutup perbatasan.

Israel memutuskan untuk melarang masuknya orang asing, dan Maroko mengatakan akan menangguhkan semua penerbangan masuk selama dua pekan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA