Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Afsel: Varian Omicron adalah Peringatan Parahnya Kesenjangan Vaksin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 29 November 2021, 16:18 WIB
Presiden Afsel: Varian Omicron adalah Peringatan Parahnya Kesenjangan Vaksin
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa/Net
rmol news logo Kemunculan varian baru virus corona Omicron menjadi peringatan adanya ketidaksetaraan dalam akses vaksin Covid-19 yang harus diperbaiki.

Begitu yang dikatakan oleh Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa dalam pidatonya pada Minggu (28/11), seperti dikutip Anadolu Agency.

"Munculnya varian Omicron harus menjadi peringatan bagi dunia bahwa ketidaksetaraan vaksin yang tidak dapat dibiarkan berlanjut," ujarnya.

Ramaphosa mengatakan, dunia harus bersiap dengan varian-varian baru lainnya dari Covid-19 hingga semua orang divaksinasi.

"Kami telah mengatakan ketidaksetaraan vaksin tidak hanya merenggut nyawa dan mata pencaharian di negara-negara yang ditolak aksesnya tetapi juga mengancam upaya global untuk mengatasi pandemi," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ramaphosa juga mengkritik kebijakan sejumlah negara yang membatasi perjalanan dari dan ke Afrika Selatan untuk menghindari penyebaran Omicron.

Alih-alih melarang perjalanan, ia mengatakan, negara-negara kaya harus mendukung upaya negara berkembang untuk mengakses dan memproduksi dosis vaksin yang cukup.

Ilmuwan Afrika Selatan pada pekan lalu mengumumkan telah menemukan varian Omicron, yang memiliki beberapa mutasi yang dapat membawa risiko infeksi ulang.

Varian yang sama juga terdeteksi di negara tetangga Botswana serta Hong Kong dan pertama kali terlihat pada 12-22 November sebelum diumumkan Kamis (25/11).

Pada Jumat (26/11), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan strain itu sebagai "varian yang menjadi perhatian". rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA