Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah Bicara dengan Putin, Erdogan: Insya Allah Turki Siap Jadi Mediator Ukraina-Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 30 November 2021, 14:10 WIB
Sudah Bicara dengan Putin, Erdogan: <i>Insya Allah</i> Turki Siap Jadi Mediator Ukraina-Rusia
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Dikenal memiliki hubungan baik dengan Moskow dan Kyiv, Turki menyatakan kesiapan untuk menengahi pertengkaran antara Ukraina dan Rusia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tawaran itu disampaikan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di hadapan wartawan dalam penerbangan ke Turkmenistan, seperti dikutip penyiar NTV pada Senin (29/11).

Dalam komentarnya, Erdogan mengatakan Turki memiliki kepentingan untuk menciptakan perdamaian di wilayah Laut Hitam. Untuk itu, ia sering berdiskusi dengan masalah tersebut dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Apakah itu sebagai mediator atau berbicara kepada mereka tentang masalah ini, dengan mengadakan pembicaraan ini dengan Ukraina dan Bapak Putin, insya Allah, kami ingin mengambil bagian dalam solusi ini," ujarnya.
 
Menanggapi tawaran Erdogan, jurubicara Kremlin Dmitry Peskov menolak untuk berkomentar.

Meski dikenal memiliki hubungan baik dengan Ukraina dan Rusia, baru-baru ini Turki juga membuat kesal Moskow dengan menjual drone bersenjata ke Kyiv di tengah meningkatnya ketegangan di perbatasan.

Turki dan Rusia juga memiliki perbedaan pendapat atas situasi di Suriah dan Libya. Tetapi di sisi lain, Ankara telah menjalin kerjasama energi dan pertahanan yang erat dengan Moskow.

Pejabat AS, NATO dan Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah berkumpul di perbatasan Ukraina. Intelijen militer Ukraina mengatakan Moskow sedang mempersiapkan serangan pada awal 2022. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA