Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kapal Perang Panteleev Tiba di Pelabuhan Belawan Sumatera, Latihan Bersama Angkatan Laut Rusia-ASEAN Siap Digelar

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 01 Desember 2021, 15:45 WIB
Kapal Perang Panteleev Tiba di Pelabuhan Belawan Sumatera, Latihan Bersama Angkatan Laut Rusia-ASEAN Siap Digelar
Kapal perang Rusia, Panteleev.Net
Latihan militer pertama Rusia dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) siap dibuka di Indonesia. Misi tetap Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov mengatakan bahwa latihan akan digelar pada Rabu (1/12) waktu Moskow.

Ivanov dalam keterangannya kepada kantor berita TASS mengatakan, upacara pembukaan akan dihadiri oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyeva.

Latihan Angkatan Laut ASEAN-Rusia akan diadakan pada 1-3 Desember di wilayah perairan Indonesia di lepas pantai Sumatera Utara. Latihan bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas antara angkatan laut negara-negara anggota ASEAN dan Rusia, serta menjamin perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan itu, menurut Ivanov.

"Kami membuka halaman baru dalam kemitraan strategis kami," katanya.

Kapal perang Rusia, Panteleev, sudah tiba di pelabuhan Belawan di pantai timur laut Sumatera Indonesia sejak kemarin untuk mewakili Rusia dalam latihan tersebut.

Rusia dan ASEAN mengadakan KTT keempat mereka melalui konferensi video pada 28 Oktober lalu. KTT itu bertepatan dengan peringatan 30 tahun hubungan antara Rusia dan asosiasi yang dirayakan tahun ini.

KTT mengadopsi sejumlah dokumen yang bertujuan untuk lebih mengembangkan kemitraan strategis. Para pemimpin menyetujui keputusan untuk mengadakan manuver angkatan laut Rusia-ASEAN yang pertama.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA