Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap Jadi Mediator Masalah Rusia-Ukraina, Erdogan Bakal Diskusi bersama Vladimir Putin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 02 Desember 2021, 06:18 WIB
Siap Jadi Mediator Masalah Rusia-Ukraina, Erdogan Bakal Diskusi bersama Vladimir Putin
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Sejumlah permasalahan terkait Ukraina akan menjadi topik pembahasan antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dalam sebuah laporan kepada anggota majelis tinggi parlemen Rusia di Moskow pada Rabu (1/11), mengatakan hubungan antara para pejabat Rusia dan Turki sejauh ini tercatat sangat positif, meskipun memiliki pandangan yang berbeda tentang sejumlah masalah.

Diskusi akan berlangsung melalui sambungan telepon dalam waktu dekat, menurut laporan Anadolu Agency.

"Turki memiliki 'posisi khusus' dalam konflik Ukraina. Negara itu menikmati hubungan baik dengan Ukraina dan juga Rusia, seperti yang disampaikan Presiden Erdogan, yang minggu ini menyatakan bersedia menjadi mediator antara Moskow dan Kyiv," kata Lavrov.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengumumkan bahwa Lavrov akan bertemu dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di sela-sela pertemuan tingkat menteri Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) di Stockholm, Swedia, yang dimulai Jumat.

Ketegangan yang sudah berlangsung lama atas pencaplokan Krimea oleh Rusia pada tahun 2014 telah diperburuk oleh separatis yang didukung Rusia di wilayah perbatasan timur Donbas, bersama dengan penumpukan militer Rusia yang dikecam oleh Barat.

AS, Majelis Umum PBB, dan Turki semuanya memandang pencaplokan Krimea sebagai tindakan ilegal.

Di tengah penumpukan perbatasan, Rusia justru menuduh Ukraina melakukan provokasi, tuduhan yang dibantah Kyiv. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA