Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bagian dari Proyek BRI, Kereta Api Penghubung China-Laos Segera Dibuka Jumat Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 02 Desember 2021, 07:51 WIB
Bagian dari Proyek BRI, Kereta Api Penghubung China-Laos Segera Dibuka Jumat Ini
Kereta peluru "standar China" atau kereta listrik multi unit (EMU) yang ramping, untuk jalur China-Laos, tiba di Stasiun Vientiane/Net
rmol news logo Proyek Kereta Api China-Laos sudah memasuki tahap akhir dan akan segera diresmikan oleh pimpinan pemerintah kedua negara pada Jumat (3/12) waktu setempat.

Kereta Api China-Laos sepanjang 1.035 kilometer yang menjadi bagian dari kerja sama Belt and Road Initiative (BRI) yang diprakarsai China itu akan menghubungkan Kunming, ibu kota Southwest, di Provinsi Yunnan China, dan ibu kota Laos, Vientiane.

Dianggap sebagai bagian dari partisipasi Laos dalam BRI, Kereta Api China-Laos itu memiliki 11 stasiun di bagian China dan 10 di bagian Laos yang memiliki jarak sepanjang 409 kilometer.

"Dengan kecepatan yang dirancang 160 kilometer per jam, kereta api akan mempersingkat perjalanan antara Vientiane dan perbatasan China-Laos dari dua hari menjadi hanya tiga jam, dan perjalanan dari Vientiane ke Kunming dapat dilakukan dalam semalam," menurut Kantor Berita Xinhua, Rabu (1/12).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan kepada media pada Rabu bahwa pembukaan jalur Kereta Api China-Laos menjadi tonggak besar dan menggembirakan untuk kedua kepala negara.

"China percaya bahwa jalur kereta api dapat membantu Laos mengubah strateginya untuk mengubah dari negara yang terkurung daratan menjadi negara yang terhubung dengan daratan, menjadi kenyataan,  kata Wang.

Kereta api tersebut juga akan mpercepat pembangunan bersama  antara komunitas masa depan kedua negara, meningkatkan konektivitas regional dan ketahanan rantai pasokan, dan memberikan kontribusi bagi pembangunan dan kemakmuran regional. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA