Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

AS Rogoh Rp 474 Miliar untuk Perluas Pangkalan Militer di Yunani

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 02 Desember 2021, 11:15 WIB
AS Rogoh Rp 474 Miliar untuk Perluas Pangkalan Militer di Yunani
Pangkalan Angkatan Udara di Provinsi Larissa, Yunani/Net
Amerika Serikat (AS) akan menggelontorkan 33 juta dolar AS atau setara dengan Rp 474 miliar untuk memperluas dan merenovasi pangkalan militer Angkatan Udara di Yunani.

Menurut media lokal Kathimerini, dana tersebut akan diberikan kepada Yunani untuk pembangunan dua hanggar dan fasilitas pendukung di pangkalan udara yang berlokasi di Provinsi Larissa.

Dana tersebut diberikan sebagai bagian dari Perjanjian Kerjasama Pertahanan Bersama (MDCA) yang baru-baru ini diperbarui dengan Yunani.

Berdasarkan perjanjian tersebut, pasukan AS juga diperbolehkan untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Selain itu, AS juga berencana untuk mentransfer kelebihan artikel pertahanan tambahan ke Yunani, dengan pembicaraan yang sedang berlangsung mengenai proposal AS terkait dengan upaya Athena untuk meningkatkan kekuatan militernya dengan memperoleh senjata baru dan memodernisasi perangkat keras yang ada.

Yunani sedang mempertimbangkan untuk memperoleh lebih dari selusin kendaraan serbu amfibi (AAV) dari AS untuk brigade lautnya. Baru-baru ini, Yunani juga menerima pengiriman kendaraan keamanan lapis baja M1117, serta pengiriman sebelumnya dari helikopter OH-58 Kiowa dan kapal cepat operasi khusus Mark V.

Lebih lanjut, perusahaan-perusahaan AS pun akan segera mengajukan proposal untuk program modernisasi fregat tipe MEKO 200 angkatan laut Yunani.

Sejauh ini, Angkatan Laut Yunani sudah mengoperasikan 13 frigat, termasuk sembilan kelas Kortenaer Belanda, dan memesan tiga frigat kelas FDI dari Prancis pada September.

Athena baru-baru ini menandatangani beberapa kesepakatan senjata besar-besaran dengan Israel untuk pembelian kendaraan udara tak berawak (UAV) dan rudal, dengan Prancis untuk pembelian pesawat tempur Rafael, dan dengan AS untuk pembaruan jet tempur F-16.

ARTIKEL LAINNYA