Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sekretaris Angkatan Darat AS Ungkap Cara Terbaik Cegah Konflik di Selat Taiwan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 02 Desember 2021, 16:51 WIB
Sekretaris Angkatan Darat AS Ungkap Cara Terbaik Cegah Konflik di Selat Taiwan
Christine Wormuth/Net
Bagi Christine Wormuth, cara terbaik untuk mencegah konflik Selat Taiwan adalah Washington meningkatkan kerja sama pertahanan dengan Taiwan.

Sekretaris Angkatan Darat AS itu menyampaikan pendapat tersebut selama menghadiri diskusi daring yang diselenggarakan oleh Center for International Strategic Studies (CSIS) yang berbasis di Washington DC, pada Rabu (1/12).

Dalam pidatonya Wormuth menyampaikan pandangannya tentang tantangan yang ditimbulkan oleh peningkatan kekuatan China dan pandangan Angkatan Darat AS tentang perkembangan terkait hal tersebut.

"AS menghadapi banyak tantangan strategis terkait China di Indo-Pasifik, termasuk klaim teritorial atas Kepulauan Diaoyu, intrusi pesawat militer ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, dan militerisasi Beijing di Laut China Selatan," kata Wormouth, seperti dikutip dari Taiwan News, Kamis (2/12).

Sekretaris Angkatan Darat AS itu juga merekomendasikan AS dan China agar melepaskan diri dari kerangka perang dingin yang baru dan mempertahankan komunikasi bilateral untuk menghindari meningkatnya ketegangan.

Namun, dia juga menekankan bahwa promosi kerja sama pertahanan AS-Taiwan adalah cara terbaik untuk menghindari konflik.

"Prioritas utama bagi AS adalah untuk menghindari 'perang panas' di Selat Taiwan, dan cara terbaik untuk mencapai tujuan ini adalah memastikan pencegahan yang begitu kuat sehingga pemimpin China Xi Jinping tidak berani mencoba untuk merebut Taiwan dengan paksa," katanya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA