Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rusia Punya Hak atas Pasukannya Sendiri di Wilayah Nasional

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 04 Desember 2021, 06:09 WIB
Rusia Punya Hak atas Pasukannya Sendiri di Wilayah Nasional
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov /Net
Situasi di perbatasan Rusia-Ukraina saat ini dalam keadaan normal. Kremlin dalam pernyataannya menegaskan apa yang didengungkan barat bahwa Rusia bersiap menyerang Ukraina dan telah menghimpun pasukan, adalah tidak benar.

Ajudan Kremlin Yuri Ushakov dalam konferensinya bersama wartawan mengatakan, Rusia memiliki hak untuk memindahkan pasukan di dalam wilayah nasionalnya. Negara lain tidak berhak mengatur dan turut campur.
 
Pernyataan Ushakov muncul sebagai tanggapan atas pernyataan Kementerian Pertahanan Ukraina tentang risiko eskalasi skala besar di pihak Rusia.

"Tidak ada eskalasi. Kami memiliki hak untuk memindahkan pasukan di dalam wilayah kami. Tidak ada peningkatan ketegangan yang terjadi," tegasnya seperti dikutip dari TASS.

Rusia tidak mengingkari bahwa setiap pergerakannya menjadi perhatian para musuh. Dia juga ingat bahwa Rusia diancam dengan beberapa sanksi atas ketegangannya dengan Ukraina.

Ia kemudian memuji bagaimana Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov memberikan tanggapan yang cukup bagus dalam menghadapi komentar Menteri Luar Negeri Antony Blinken baru-baru ini.

Blinken ketika itu mengancam Rusia dengan memberikan sanksi ekonomi yang lebih berat dari yang sebelumnya jika Rusia tidak segera menarik pasukannya di perbatasan.

Lavrov pun menimpalinya dengan mengatakan, semua sanksi telah dikenakan kepada Rusia sejak dulu, sehingga tidak asing bagi Rusia untuk mendengar ancaman serupa itu. Namun, sejauh ini Rusia bisa mengatasinya, sehingga nampak tidak ada sanksi sama sekali.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA