Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Blinken Ingatkan Pemimpin China Agar Tidak Memicu Krisis di Selat Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 04 Desember 2021, 09:58 WIB
Blinken Ingatkan Pemimpin China Agar Tidak Memicu Krisis di Selat Taiwan
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengingatkan agar para pemimpin China berhati-hati dan tidak memicu krisis di Selat Taiwan untuk menghindari konsekuensi yang mengerikan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berbicara pada konferensi Reuters Next pada Jumat (3/12), Blinken juga kembali menegaskan komitmen Amerika Serikat untuk mendukung Taiwan membela diri dari setiap provokasi yang dilakukan China untuk mengubah status quo atas pulau yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya.

“Sekali lagi, saya berharap para pemimpin China berpikir dengan sangat hati-hati tentang hal ini dan tidak memicu krisis yang, menurut saya, akan memiliki konsekuensi yang mengerikan bagi banyak orang, dan tidak ada kepentingan siapa pun, dimulai dengan China,” kata Blinken, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (4/12).

Ditanya secara khusus apakah Amerika Serikat dapat berkomitmen untuk mengirim pasukan militer jika terjadi invasi, Blinken mengatakan: “Kami sudah sangat jelas dan konsisten, selama bertahun-tahun bahwa kami berkomitmen untuk memastikan bahwa Taiwan memiliki sarana untuk mempertahankan diri. sendiri dan kami akan terus memenuhi komitmen itu.”

Beijing terus meningkatkan upaya militer dan diplomatiknya untuk menguasai Taiwan dengan cara mengisolasinya dari dunia internasional, sementara Pemerintahan Presiden AS Joe Biden berusaha untuk mengukir lebih banyak ruang bagi pulau itu dalam sistem internasional.

Oktober lalu Biden sempat menyebabkan kegemparan ketika dia mengatakan Amerika Serikat, yang diwajibkan oleh undang-undang 1979 untuk memberi Taiwan sarana untuk membela diri, akan datang ke pertahanan Taiwan jika China menyerang.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen telah bersumpah untuk mempertahankan pulau itu, dan mengatakan hanya rakyatnya yang dapat memutuskan masa depannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA