Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

UEA: Jet Tempur Rafale Prancis Bukan Pengganti F-35 AS, tapi Pelengkap

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 05 Desember 2021, 16:58 WIB
UEA: Jet Tempur Rafale Prancis Bukan Pengganti F-35 AS, tapi Pelengkap
Jet tempur Rafale/Net
Rencana Uni Emirat Arab (UEA) untuk membeli puluhan jet tempur Rafale buatan Prancis menjadi tanda tanya di tengah upayanya untuk membeli F-35 dari Amerika Serikat (AS).

Kementerian Pertahanan UEA pada Minggu (5/120 menegaskan pembelian Rafale sendiri bukan untuk menggantikan F-35. Sebaliknya, Rafale akan melengkapi kekuatan F-35.

Hal itu juga disampaikan oleh Komandan Angkatan Udara dan Pertahanan Udara Mayor Jenderal Ibrahim Nasser Al Alaqi dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam (4/12).

Ia mengatakan, jet Rafale akan menggantikan armada Mirage 2000 buatan Prancis milik UEA.

"Kesepakatan ini tidak dianggap sebagai alternatif untuk kesepakatan F-35 yang akan datang, ini lebih merupakan kesepakatan pelengkap saat ini mengembangkan kemampuan angkatan udara kami," ujarnya, seperti dikutip Reuters.

Pada Jumat (3/12), UEA telah memesan 80 unit jet Rafale buatan Dassault Aviation dan 12 unit helikopter Caracal yang dibuat Airbus dalam kontrak senilai 17 miliar euro.

Sejak tahun lalu UEA telah mengungkap niat secara terang-terangan untuk membeli 50 unit F-35 buatan Lockheed Martin. Namun di tengah meningkatnya hubungan antara UEA dan China, Washington mulai khawatir. UEA sendiri menggunakan teknologi 5G dari Huawei.

Bulan lalu, seorang pejabat AS mengatakan Amerika Serikat bermaksud untuk melanjutkan penjualan tetapi harus ada pemahaman yang jelas tentang persyaratan yang wajib dipenuhi UEA.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA