Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Iran Kecam Penjualan 80 Jet Rafale ke UEA

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 07 Desember 2021, 06:13 WIB
Iran Kecam Penjualan 80 Jet Rafale ke UEA
Ilustrasi/Net
Kesepakatan pembelian 80 pesawat tempur Rafale antara Uni Emirat Arab dan Prancis mendapat kritik tajam dari Pemerintah Iran.

Dalam sebuah pernyataan juru bicara kementerian luar negeri Saeed Khatibzadeh menuduh Prancis mengganggu stabilitas kawasan Teluk dengan kesepakatan senilai 14 miliar euro tersebut.

"Kita tidak boleh mengabaikan peran Prancis dalam mengacaukan kawasan itu," kata Khatibzadeh dalam konferensi pers Senin (6/12), seperti dikutip dari AFP.

"Kami berharap Prancis lebih bertanggung jawab," katanya.

"Militerisasi wilayah kami tidak dapat diterima dan senjata yang mereka jual di wilayah tersebut adalah sumber kekacauan," kata dia lagi.

Prancis mendapatkan pesanan untuk 80 pesawat tempur Rafale selama kunjungan Presiden Emmanuel Macron ke UEA pada Jumat pekan lalu.

Selama kunjungan tersebut, Abu Dhabi juga menandatangani kesepakatan untuk membeli 12 helikopter angkut militer Caracal, dengan total tagihan lebih dari 17 miliar euro (lebih dari 19 miliar dolar AS).

Selama ini UEA merupakan pelanggan terbesar kelima untuk industri pertahanan Prancis , dengan kesepakatan senilai 4,7 miliar euro, dari 2011 hingga 2020, menurut laporan parlemen Prancis.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA