Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Disetujui Bundestag, Olaf Scholz Selangkah Lagi Gantikan Angela Merkel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 08 Desember 2021, 18:06 WIB
Disetujui Bundestag, Olaf Scholz Selangkah Lagi Gantikan Angela Merkel
Angela Merkel dan Olaf Scholz/Net
rmol news logo Parlemen Jerman atau Bundestag telah memilih Olaf Scholz untuk menggantikan Angela Merkel sebagai kanselir Jerman yang telah memimpin selama 16 tahun terakhir.

Dari laporan TRT World, Scholz berhasil mengamankan 395 dari 707 suara yang diberikan di masjelis rendah Bundestag pada Rabu pagi (8/12) waktu setempat.

Dengan kemenangannya, Scholz akan memimpin pemerintahan koalisi tiga partai yang dijuluki "koalisi lampu lalu lintas". Itu lantaran koalisi tersebut berisi Partai Hijau, Partai Demokratik Sosial (SPD), dan Partai Demokratik Bebas (FBP), yang ketiganya memiliki warna partai seperti lampu lalu lintas.

Tiga partai tersebut untuk pertama kalinya beraliansi sejak 1957. Mereka bertujuan untuk memangkas emisi karbon, merombak infrastruktur digital, modernisasi UU kewarganegaraan, hingga mengangkat upah minimum.

Nantinya Scholz akan dilantik oleh Presiden Frank-Walter Steinmeier, dengan janji untuk membuat Jerman lebih ramah lingkungan dan lebih adil.

Scholz merupakan politisi berusia 63 tahun yang memiliki sepak terjang panjang dalam pemerintahan, khsususnya di era Merkel. Ia merupakan mantan Menteri Keuangan dan mantan Walikota Hamburg. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA