Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bukan Le Pen, Valerie Pecresse yang Bakal Jadi Penantang Kuat Emmanuel Macron

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 09 Desember 2021, 09:02 WIB
Bukan Le Pen,  Valerie Pecresse yang Bakal Jadi Penantang Kuat Emmanuel Macron
Valerie Pecresse/Net
Prancis telah mengumumkan kandidat yang akan bertarung pada pemilihan presiden April 2022 pada Rabu (8/12) waktu setempat.

AFP melaporkan, kandidat yang akan bersaing tersebut di antaranya presiden dewan regional Ile-de-France, Valerie Pecresse, dari partai Republik, lalu pemimpin National Rally sayap kanan Marine Le Pen, serta seorang jurnalis dan penulis sayap kanan Eric Zemmour.

Disebutkan juga selain tiga nama itu, ada kepala Partai Hijau dan anggota Parlemen Eropa Yannick Jadot, pemimpin Prancis Jean-Luc Melenchon, dan Walikota Paris Anne Hidalgo dari Partai Sosialis kiri-tengah, yang ikut maju ke pemilihan.

Sementara Presisen Emmanuel Macron belum memberikan pengumuman apa pun, namun diperkirakan dia akan menjadi kandidat dalam pemilihan yang akan digelar pada 10 April 2022 tersebut.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan pada Selasa (7/12), Macron diperkirakan akan lolos ke putaran kedua dengan 23 persen suara dan Pecresse dengan 20 persen.

Sementara Le Pen diperkirakan akan menerima 15 persen suara, Zemmour 14 persen, Melenchon 8 persen, Jadot 7 persen, dan Hidalgo 3 persen.

Dalam sebuah jajak pendapat dikatakan bahwa Pecresse akan menjadi calon kuat penantang petahana, di mana dia mendapat 52 persen suara, sementara Macron 48 persen suara di putaran kedua pemilihan.

Majunya Valérie Pécresse disebut-sebut akan memiliki pengaruh besar pada bentuk kampanye.

Dalam sebuah pidatonya pekan lalu, Pécresse mengatakan bahwa ia akan berjuang dengan kemauan keras untuk Prancis dan menjaidkan negara itu lebih dihormati di dunia.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA