Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Perkuat Pertahanan, Taiwan Bakal Dirikan Sembilan Pangkalan Rudal Anti Kapal

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 09 Desember 2021, 10:08 WIB
Perkuat Pertahanan, Taiwan Bakal Dirikan Sembilan Pangkalan Rudal Anti Kapal
Ilustrasi/Net
Di tengah tensi dan tekanan yang semakin meningkat dari Beijing, Taiwan mengumumkan akan mendirikan pangkalan rudal antikapal Hsiung Feng di sembilan lokasi di wilayahnya.

Program pembangunan tersebut merupakan bagian dari tambahan anggaran pertahanan sebesar 237,3 miliar dolar Taiwan (122,4 triliun rupiah), seperti dikutip dari Taiwan News, Kamis (9/12).

Seorang pejabat Kementerian Pertahanan Nasional mengatakan dalam pertemuan komite Yuan Legislatif pada Rabu (8/12), bahwa sembilan lokasi yang dimaksud antara lain Kota New Taipei, Kota Taoyuan, dan Kabupaten Chiayi. Namun, ia tidak mengungkapkan informasi lebih rinci.

Kabinet meloloskan paket belanja lima tahun pada 25 November lalu. Bagian penting dari anggaran akan dikhususkan untuk rudal antikapal dan kapal untuk Angkatan Laut.

Anggota parlemen oposisi dilaporkan mengancam akan menahan sebagian dana karena perincian anggaran tidak disertakan secara detail.

Kepala Staf Angkatan Laut Chiang Cheng-kuo sementara itu menjelaskan, bahwa dia tidak dapat mengungkapkan data rahasia, tetapi mengatakan uang itu akan digunakan untuk akses kendaraan, pelatihan personel, penyimpanan rudal, dan pusat kendali misi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA