Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Banyak Stafnya Dilecehkan, PBB Setop Kirim Bantuan Makanan ke Ethiopia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 09 Desember 2021, 13:18 WIB
Banyak Stafnya Dilecehkan, PBB Setop Kirim Bantuan Makanan ke Ethiopia
Ilustrasi/Net
Progam Pangan Dunia (WFP) dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) telah menangguhkan distribusi bantuan makanan ke dua kota di Ethiopia, Kombolcha dan Dessie, di tengah meningkatnya kekerasan terhadap staf mereka.

Jurubicara PBB Stephani Dujarric mengatakan sejumlah besar pasokan bantuan kemanusiaan, termasuk makanan bergizi untuk anak-anak telah dicuri dan dijarah di Kombolcha wilayah Amhara

"Pencurian makanan skala kecil meningkat menjadi penjarahan massal gudang di Kombolcha dalam beberapa hari terakhir, dilaporkan oleh elemen pasukan Tigrayan dan beberapa anggota penduduk setempat," kata Dujarric kepada wartawan, seperti dikutip Reuters.

Selain itu, Dujarric menyebut, pelecehan terhadap staf kemanusiaan oleh militan juga kerap terjadi.

"Itu merusak kemampuan PBB dan semua mitra kemanusiaan kami untuk memberikan bantuan ketika itu paling dibutuhkan," tambahnya.

Dujarric menekankan, penjarahan dan intimidasi akan memperburuk malnutrisi dan memperpanjang kerawanan pangan di Ethiopia utara, di mana diperkirakan 9,4 juta orang di seluruh wilayah Tigray, Amhara dan Afar membutuhkan bantuan pangan yang kritis,.

Dia kemudian menyerukan semua pihak dalam konflik untuk menghormati dan melindungi personel bantuan kemanusiaan.

ARTIKEL LAINNYA