Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Telepon, Putin Beri Salam Perpisahan untuk Angela Merkel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 10 Desember 2021, 06:33 WIB
Lewat Telepon, Putin Beri Salam Perpisahan untuk Angela Merkel
Mantan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan salam perpisahan kepada Angela Merkel yang telah menanggalkan jabatannya sebagai Kanselir Jerman.

Lewat panggilan telepon pada Kamis (9/12), Putin mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah dilakukan selama ini. Ia juga memuji kontribusi Merkel untuk mengembangkan hubungan bilateral kedua negara.

"Sebaliknya, Angela Merkel, yang menyampaikan terima kasih kepada presiden Rusia atas kerja sama itu, berharap sukses dalam membangun dialog dengan kepala pemerintah Jerman yang baru, Olaf Scholz," kata Kremlin, seperti dikutip Anadolu Agency.

Putin mengatakan Merkel akan selalu diterima jika dia memutuskan untuk mengunjungi Rusia.

Sementara itu, jabatan Merkel akan dimbil alih oleh Olaf Scholz dengan koalisi "lampu lalu lintas".  Itu lantaran koalisi tersebut berisi Partai Hijau, Partai Demokratik Sosial (SPD), dan Partai Demokratik Bebas (FBP), yang ketiganya memiliki warna partai seperti lampu lalu lintas.

Tiga partai tersebut untuk pertama kalinya beraliansi sejak 1957. Mereka bertujuan untuk memangkas emisi karbon, merombak infrastruktur digital, modernisasi UU kewarganegaraan, hingga mengangkat upah minimum.

Scholz merupakan politisi berusia 63 tahun yang memiliki sepak terjang panjang dalam pemerintahan, khsususnya di era Merkel. Ia merupakan mantan Menteri Keuangan dan mantan Walikota Hamburg. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA