Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Calon Potensial Siap Ikut Panaskan Pemilihan Gubernur Bangkok 2022

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 10 Desember 2021, 13:55 WIB
Dua Calon Potensial Siap Ikut Panaskan Pemilihan Gubernur Bangkok 2022
Narongsak Osottanakorn/Net
rmol news logo Perebutan kursi Gubernur Ibukota Thailand, Bangkok diperkirakan akan berlangsung panas menyusul masuknya dua tokoh yang akan mengikuti kontestasi yang akan digelar pada April 2022 tersebut.

Tokoh pertama adalah Gubernur Pathum Thani, Narongsak Osottanakorn.

Sebuah sumber di Partai Palang Pracharath (PPRP) mengatakan Gubernur Narongsak akhirnya setuju untuk mencalonkan diri sebagai gubernur Bangkok di bawah bendera PPRP.

"Narongsak membuat keputusan setelah bertemu dengan Wakil Perdana Menteri dan pemimpin PPRP Prawit Wongsuwon awal pekan ini," kata sumber tersebut, seraya menambahkan PPRP akan secara resmi mengungkap Narongsak sebagai kandidatnya minggu depan, seperti dikutip dari Bangkok Post, Jumat (10/12).

Narongsak, yang sebelumnya menolak tawaran untuk maju dalam kontestasi dipuji atas perannya dalam mengoordinasikan penyelamatan tim sepak bola yang terjebak dalam sistem gua yang terendam banjir di Chiang Rai beberapa tahun lalu.

"Saat ini, Narongsak adalah calon potensial yang paling menonjol," kata sumber itu.

Tokoh lain yang diprediksi akan jadi calon potensial adalah Suchatchavee Suwansawas yang diusung Partai Demokrat setelah pengunduran dirinya sebagai rektor Institut Teknologi Ladkrabang (KMITL) Raja Mongkut disetujui pada Kamis (9/12).

Wakil pemimpin Partai Demokrat Ongart Klampaiboon mengatakan dia akan mencalonkan Suchatchavee sebagai kandidat untuk pemilihan selama pertemuan komite eksekutif partai pada Senin mendatang.

"Jika partai menyetujui pencalonan tersebut, Suchatchavee akan diumumkan sebagai kandidat partai pada hari yang sama," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Jurin Laksanawisit mengatakan bah2a komite eksekutif partai akan bertemu pada Senin untuk membahas kandidat dalam pemilu.

Sementara sebuah sumber Partai Pheu Thai mengatakan partai oposisi utama mungkin memutuskan untuk mendukung Chadchart Sittipunt, mantan menteri transportasi di pemerintahan Yingluck Shinawatra, yang maju sebagai calon independen.

Sebelumnya Chadchart memimpin kandidat lain dalam survei opini yang diadakan sebelum dua kandidat potensial muncul.

Sebuah jajak pendapat Nida yang dirilis pada hari Minggu menunjukkan bahwa sebagian besar responden atau 34,4 persen menginginkan Chadchart menjadi gubernur Bangkok berikutnya.

Pemilihan gubernur Bangkok telah ditunda sejak kudeta 2014. Jajak pendapat terakhir terjadi pada Maret 2013. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA