Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Solusi Konflik Donbas, Zelensky Siap Berbicara dengan Putin Kapan Saja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 11 Desember 2021, 06:39 WIB
Dukung Solusi Konflik Donbas, Zelensky Siap Berbicara dengan Putin Kapan Saja
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
rmol news logo Ukraina menegaskan lagi kesiapannya untuk melakukan perundingan dengan Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan ia siap untuk melakukan pembicaraan langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin terkait konflik antara keduanya negara.
Wakil kepala kantor presiden Ukraina, Andrei Sibiga, mengatakan Zelensky mengungkapkan kesiapannya itu selama pembicaraannya dengan Presiden Joe Biden.
 
"Selama percakapan telepon, Zelensky mengkonfirmasi kepada presiden AS kesiapannya untuk pembicaraan langsung dengan Putin. Ukraina mendukung solusi diplomatik untuk konflik Donbass," kata Sibiga, seperti dikutip dari The Moscow Times.

Dalam percakapan antara Zelensky dengan Biden juga dibahas mengenai proses perdamaian Minsk.

Sayangnya, Format Normandia gagal memenuhi hasil yang diinginkan, yaitu perdamaian di Ukraina. Pihak Ukraina menginginkan mekanisme dan format untuk membuka penghalang proses perdamaian.

"Bukan kami yang menghalangi proses Minsk, kami mencari perdamaian," lanjut pejabat itu, menambahkan bahwa Ukraina telah mempresentasikan visinya yang jelas tentang upaya perdamaian melalui saluran diplomatik.

Sejak Mei lalu, Zelensky berulangkali mengatakan bahwa dia siap untuk berdialog dengan Putin. Menambahkan bahwa kantornya telah memulai negosiasi tentang masalah tersebut.

Meskipun kontak antara kedua negara telah terjadi, sayangnya dialog berjalan alot dan upaya damai menemui jalan buntu.

Putin pada 22 April menjawab proposal Zelensky untuk pertemuan pribadi bahwa jika masalah Donbass akan dibahas, para pemimpin Ukraina harus bertemu dengan para pemimpin republik rakyat Lugansk dan Donetsk terlebih dahulu. Putin percaya ini harus menjadi langkah pertama yang harus diambil menuju penyelesaian di Donbass, sementara diskusi tentang masalah ini dengan pihak ketiga mana pun, termasuk Rusia mungkin akan menyusul setelahnya.

Dia menekankan bahwa dia akan siap untuk menerima Zelensky di Moskow kapan saja. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA