Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

New York Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19, Gubernur Pasang Aturan Ketat dan Denda

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 11 Desember 2021, 07:24 WIB
New York Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19, Gubernur Pasang Aturan Ketat dan Denda
Gubernur New York Kathy Hochul/Net
New York kembali memperketat aturan Covid-19 yang sejauh ini mulai terlihat longgar ketika vaksinasi di seluruh AS telah berjalan lebih dari 60 persen.

Gubernur New York Kathy Hochul pada Jumat (10/12) mengumumkan wajib masker di seluruh negara bagian untuk semua tempat umum dalam ruangan kecuali bisnis atau tempat sudah memiliki persyaratan vaksin.

Mandat akan berlaku selama sati bulan, mulai 13 Desember hingga 15 Januari 2022 mendatang. Mandat itu akan ditinjau kembali efektivitasnya secara berkala.

Keputusan itu muncul sebagai tanggapan atas munculnya varian baru Omicron dan juga meningkatnya angka kasus virus corona dalam tujuh hari terakhir. Otoritas mencatat, pasien angka rawat inap mulai memadati ranjang-ranjang rumah sakit.

Tingkat kasus rata-rata selama tujuh hari telah meningkat sebesar 43 persen sejak Thanksgiving dan rawat inap naik 29 persen, menurut Hochul. Meskipun vaksinasi telah meningkat 2 persen, ternyata tidak cukup untuk mencegah  penyebaran virus.

“Kita seharusnya tidak mencapai titik di mana kita dihadapkan dengan gelombang musim dingin, terutama dengan vaksin yang kita miliki. Saya berbagi rasa frustrasi dengan banyak warga New York bahwa kita belum melewati pandemi ini,” kata Hochul dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

Mereka yang mengabaikan aturan tersebut akan terkena denda. Bisnis yang tidak patuh dapat dikenakan hukuman perdata dan pidana dengan denda maksimum 1.000 dolar AS per pelanggaran. Departemen kesehatan setempat akan menegakkan mandat tersebut.

Ini adalah langkah terbaru oleh gubernur untuk memerangi penyebaran varian Covid omicron yang sangat bermutasi, yang telah dikonfirmasi dalam setidaknya 20 kasus di seluruh negara bagian pada Kamis.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA