Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Hari di Jakarta, Menlu AS Antony Blinken Akan Temui Jokowi Hingga ke UI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 13 Desember 2021, 16:27 WIB
Dua Hari di Jakarta, Menlu AS Antony Blinken Akan Temui Jokowi Hingga ke UI
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken melakukan kunjungan perdananya setelah menjabat ke Indonesia. Itu merupakan bagian dari tur ke Asia Tenggara, termasuk ke Malaysia dan Thailand.

Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) dalam keterangannya menyebut, kunjungan Menlu Blinken ke Indonesia berlangsung selama dua hari, mulai hari ini, Senin (13/12).
 
"Kunjungan Menlu Blinken ke Indonesia menunjukkan komitmen AS untuk meningkatkan Kemitraan Strategis RI-AS," tulis Kemlu.

Selama berada di Jakarta, Blinken akan melakukan berbagai pertemuan dan kegiatan.

Pada hari pertama, ia akan melakukan courtesy call kepada Presiden RI Joko Widodo. Keesokan harinya, Selasa (14/12), ia akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi, diikuti menyampaikan pidato di Universitas Indonesia, dan mengunjungi USAID Project Event.

Dalam kunjungannya, Blinken akan menandatangani beberapa kerjasama terkait pendidikan, keamanan, dan maritim.

Sementara itu, lewat keterangan yang diunggah Kedutaan Besar AS di Jakarta, disebutkan kunjungan Menlu Blinken merupakan upaya Washington untuk mempererat hubungan kedua negara.

"Kami berkomitmen untuk menjunjung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, yang memungkinkan semua bangsa, termasuk Indonesia, mengejar pertumbuhan ekonomi yang konsisten dengan hukum internasional dan prinsip kompetisi yang adil," kata kedutaan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA