Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muslim Segovia Sambut Kehadiran Dubes RI dengan Gembira

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Senin, 13 Desember 2021, 21:56 WIB
rmol news logo Umat Muslim di Segovia, sebuah kota di daerah otonom Castilla y León, Spanyol, menyambut kunjungan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Spanyol, Dr. Muhammad Najib, ke Masjid Assalam di kota itu dengan riang dan gembira.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kunjungan Dubes Najib ke Segovia dilakukan untuk melanjutkan persiapan dialog antar agama yang direncanakan tahun 2022 mendatang.

Masjid Assalam merupakan masjid terbesar di kota Segovia. Kota itu hanya memiliki dua masjid, dan umat Islam hidup sebagai minoritas di antara penganut Katolik dan Yahudi. Meskipun demikian mereka hidup harmoni dan tidak ada persoalan terkait agama, baik dari masyarakat di sekitarnya maupun dari pemerintah setempat.

Masjid Assalam cukup besar dan terawat baik. Masjid ini mampu menampung sekitar 150 jamaah untuk melaksanakan ibadah shalat dalam keadaan normal.

Hal yang menarik dari masjid ini adalah penerapan protokol kesehatan yang cukup baik ketika pandemi, seperti penandaan titik shalat dengan jaga jarak aman, penyediaan ventilasi yang baik, dan penyediaan alas kertas sebagai sajadah yang bisa dibuang setelah selesai dipakai.

Selain itu, masjid ini juga memiliki berbagai aktifitas selain pelaksanaan shalat berjamaah lima waktu dan shalat Jum,at, seperti pengajian sesudah Shalat Ashar berjamaah untuk laki-laki, pengajian untuk perempuan, dan pelajaran membaca Al Quran untuk anak-anak.

Informasi yang diterima dari KBRI Madrid menyebutkan, kehadiran Duta Besar RI dan rombongan disambut antusias Takmir Masjid dan jamaah yang hadir.

Mereka mengatakan, kehadiran rombongan dari KBRI merupakan kehormatan yang luar biasa bagi mereka, karena masjid ini baru pertama kalinya dikunjungi oleh orang Indonesia, dan kali ini dipimpin oleh Dubesnya secara langsung.

Mereka sudah cukup lama mendengar Indonesia yang menjadi negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Umat Islam di Indonesia dikenal moderat dan toleran, serta sangat ramah. Karena itu, mereka berharap silaturahim yang diinisiasi oleh rombongan ini dapat terus dilanjutkan, agar mereka memiliki saudara sekaligus keluarga yang lebih besar di Spanyol.

Ahmed El-Waly mengatakan bahwa Masjid Assalam adalah masjid kecil yang dibiayai oleh seluruh umat Muslim di Segovia dari uang pribadi. Mengingat kondisi ekonomi mereka yang terbatas, sehingga mereka harus mencari tambahan dana ke sejumlah negara Eropa yang penduduk Muslimnya lebih besar dan secara ekonomi lebih baik, seperti Perancis dan Belanda.

Kota Segovia merupakan kota wisata warisan Romawi yang didominasi dengan bangunan katedral besar maupun kecil. Dari bangunan-bangunan bersejarah, tidak tampak bangunan warisan Islam, di samping juga tidak tampak sentuhan arsitektur Arab, sebagaimana kota-kota di provinsi Andalus.

Kota yang sangat kaya budaya dan sejarah ini, sejak 1985, UNESCO sudah ditetapkan sebagai kota Warisan Dunia dikarenakan kekayaan budaya dan sejarahnya. Ikon wisata yang terkenal adalah Akuaduk Segovia yang dibangun di awal abad ke-2 Masehi dan Kastil Alcazar Segovia yang dibangun pada awal abad ke-12. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA