Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Finlandia Sepakat Beli 64 Jet Tempur F-35 Buatan Amerika

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 14 Desember 2021, 11:11 WIB
Finlandia Sepakat Beli 64 Jet Tempur F-35 Buatan Amerika
F-35/Net
rmol news logo Presiden AS Joe Biden menyambut baik keputusan Finlandia yang sepakat membeli jet tempur F-35 buatan Amerika. Menurutnya, itu akan membuka jalan untuk mempererat hubungan militer di tahun-tahun mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan Biden saat melakukan diskusi lewat telepon bersama Presiden Finlandia Sauli Niinisto pada Senin (13/12) waktu setempat.

Pada kesempatan tersebut Biden memuji keputusan Finlandia untuk membeli 64 jet dari Lockheed Martin, untuk menggantikan F/A-18 buatan Amerika yang sudah usang.

Gedung Putih dalam pernyataannya mengatakan, selain membahas pembelian jet kedua pemimpin juga membahas keprihatinan bersama mereka tentang penumpukan militer Rusia yang tidak stabil di sepanjang perbatasan Ukraina dan pentingnya upaya transatlantik untuk meredakan situasi.

Sementara Helsinki mengatakan bahwa topik utama percakapan adalah situasi yang mengkhawatirkan di perbatasan Ukraina.

Russian Today melaporkan, usai melakukan diskusi bersama Biden, Presiden Niinisto akan menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (14/12).

Kesepakatan F-35 yang diumumkan Jumat bernilai 8,378 miliar euro (sekitar 135,3 triliun rupiah) termasuk pembelian jet tempur, persenjataan dan pemeliharaan hingga 2030.

Finlandia mengharapkan untuk mulai mengoperasikan jet secara bertahap pada 2027, menurut komandan angkatan udara Pasi Jokinen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA