Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Blinken: AS Bekerja Sama dengan Sekutu untuk Jaga Kawasan Indo-Pasifik dari Tindakan Agresif China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 14 Desember 2021, 15:57 WIB
Blinken: AS Bekerja Sama dengan Sekutu untuk Jaga Kawasan Indo-Pasifik dari Tindakan Agresif China
Menteri Luar Negeri Anthony Blinken tiba di Indonesia/Net
rmol news logo Kunjungan Menteri Luar Negeri Anthony Blinken ke Indonesia membawa pencerahan baru. Hal ini terlihat saat ia mencoba, sekali lagi, menggembar-gemborkan teknik AS untuk memperdalam aliansi perjanjian Asia-nya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Selama kunjungannya ke Indonesia, Blinken mengusulkan untuk menekankan perlindungan dengan rekan-rekannya di kawasan Indo-Pasifik yang semakin terlibat dalam “Tindakan agresif” China.

Ia menggambarkan kawasan Indo-Pasifik sebagai kawasan paling dinamis di dunia dan menyatakan bahwa semua orang setuju untuk mempertahankan tatanan yang sudah mapan tanpa paksaan dan intimidasi.

"Kami akan bekerja dengan sekutu dan rekan kami untuk menjaga ketertiban berbasis aturan yang sekarang telah kami bangun secara kolektif selama bertahun-tahun untuk menjaga area terbuka dan dapat diakses,” kata Blinken, saat mengunjungi sebuah kampus dalam lawatannya pada Selasa (14/12), seperti dikutip dari Reuters.

“Biar saya perjelas, tujuan menegakkan tatanan berbasis aturan adalah untuk tidak menindas negara mana pun. Agaknya, itu membela hak semua lokasi internasional untuk memutuskan jalan mereka sendiri, bebas dari paksaan dan intimidasi," tekannya lagi.

Blinken melakukan kunjungan pertamanya ke Asia Tenggara sejak pelantikan Presiden Joe Biden pada Januari, perjalanan tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan setelah jeda ketidakpastian atas komitmen AS ke Asia di bawah pemerintahan Donald Trump.

Blinken tiba di Indonesia sehari setelah ia bertemu rekan sesama menteri luar negeri dari kelompok tujuh. dalam pertemuan itu, ia menyerukan agar Rusia mundur dari eskalasi militer di dekat perbatasan Ukraina.

Setelah ini, Blinken akan mengunjungi Malaysia dan Thailand, menyatakan AS akan bekerja untuk memperkuat rantai pasokan dan menutup kesenjangan infrastruktur di wilayah tersebut, mulai dari pelabuhan dan jalan hingga jaringan energi san internet. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA