Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pertama di Eropa, Denmark Izinkan Penggunaan Molnupiravir untuk Covid-19

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 17 Desember 2021, 14:18 WIB
Pertama di Eropa, Denmark Izinkan Penggunaan Molnupiravir untuk Covid-19
Molnupiravir/Net
Denmark menjadi negara Uni Eropa pertama yang memberikan persetujuan penggunaan untuk obat anti-virus molnupiravir yang diproduksi Merck.

Perawatan Covid-19 berbasis pil tersebut dipasarkan dengan nama Lagevrio, yang telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari European Medicines Agency (EMA) pada pertengahan November lalu.

"Kami merekomendasikan pengobatan pil karena kami percaya bahwa manfaatnya lebih besar daripada bahaya bagi pasien yang paling berisiko menjadi sakit parah Covid-19," kata Kirstine Moll Harboe dari Otoritas Kesehatan Denmark, seperti dikutip Sputnik.

Moll Harboe berjanji bahwa efek dan efek samping dari pengobatan akan dipantau secara ketat.

Di sisi lain, hasil lengkap uji klinis oleh Merck yang dirilis pada 26 November sendiri cukup mengecewakan. Menurut hasil awal, obat tersebut mengurangi tingkat rawat inap dan kematian bagi pasien berisiko yang meminumnya segera setelah infeksi sebesar 30 persen, dibandingkan dengan 50 persen yang disebutkan sebelumnya.

Saat ini, Denmark tengah menghadapi gelombang baru Covid-19 di tengah kemunculan varian baru Omicron.

Denmark sendiri memiliki tingkat vaksinasi 77,1 persen, tertinggi di Skandinavia, dan sedang dalam proses pemberian suntikan booster kepada penduduknya.

ARTIKEL LAINNYA